So Sweet, Hewan-Hewan Ini Berprinsip Monogami

So Sweet, Hewan-Hewan Ini Berprinsip Monogami
Ini dia hewan setia yang sehidup (https://www.idntimes.com/science/discovery/viktor-yudha/hewan-paling-setia-di-dunia/9)

Kesetiaan nyatanya bukan cuma sifat yang dimiliki manusia. Hewan-hewan ini misalnya. Mereka nggak bakal menyeleweng dari pasangannya.

Inibaru.id - Umumnya, yang kita ketahui kerjaan hewan hanya makan, tidur, dan bergonta-ganti pasangan. Hewan-hewan ini begitu gampang berganti pasangan. Ternyata, nggak semua hewan selingkuh dari pasangannya lo. Mereka bisa saja setia pada satu pasangan seumur hidup. Ada 9 hewan yang dinilai setia pada pasangannya, apa saja?

1.      Burung Parkit

Burung Parkit bisa merasa kesepian dan sedih di saat nggak punya teman. Yap, burung parkit adalah salah satu hewan yang setia pada pasangannya. Parkit bakal menderita gangguan kecemasan yang berlebihan jikalau pasangannya mati.

Satu tips buat kamu yang mau memelihara parkit, sebaiknya siapkan juga pasangannya dalam sangkar yang sama ya. 

2.      Berang-Berang

Hewan ini dipastikan bakal setia sama pasangannya sampai ajal. Saat berang-berang sudah berkeluarga, mereka bakal tetap bersama-sama untuk menjaga dan merawat sangkar, serta saling mendukung buat bertahan hidup. Tapi mereka nggak selamanya bersama, anak berang-berang yang berangsur dewasa akan pindah dan meninggalkan keluarganya untuk membuat koloni yang baru. Meski telah "mandiri", anak berang-berang ini nggak bakal bikin koloni baru jauh-jauh dari orang tuanya. 

3.      Penguin Jambul Kuning

Penguin jambul kuning dewasa akan pulang ke kampung halamannya setiap musim panas, Millens. Kemudian mereka akan mencari pasangan sehidup sematinya. Betewe, penguin jenis ini sangat agresif lo dalam mencari pasangan. Selepas menemukan pasangannya, mereka akan membuat sarang. Sarang itulah yang menjadi tempat akhir mereka untuk pulang.

4.      Angsa

Angsa hewan yang setia. (Shell-me.com via IDNTimes)
Angsa hewan yang setia. (Shell-me.com via IDNTimes)

Jangan salah, hewan cantik nan anggun ini cuma punya satu pasangan saja seumur hidup mereka. Pada musim dingin, para angsa bakal menemukan pasangan yang potensial. Mereka juga berbagi tugas. Angsa jantan nggak akan menolak kalau diminta menjaga telur. O ya, jika salah satu mati, ia nggak bakal cari pengganti. 

5.      Siamang

Siamang yang berpasangan akan memaksimalkan sumber makanan dan menghemat energi untuk melindungi daerahnya. Hewan ini menghabiskan waktu bersama, berbagi makanan, dan merawat anak-anak mereka.

6.      Serigala Abu-Abu

Hewan berkelompok yang kamu anggap seram ini ternyata juga setia pada pasangannya lo. Bahkan, rela mati demi pasangan dan anak-anaknya. Wah, nggak main-main ya kesetiaan sang serigala.

7.      Ikan Bidadari Prancis

Ikan bidadari perancis. (Binatangmu.com)
Ikan bidadari perancis. (Binatangmu.com)

Ikan ini nggak peduli sama telur mereka setelah menetas, tapi pasangan ikan ini bakalan setia selamanya. Mereka saling melindungi jika ada serangan dari musuhnya di mana pun dan kapan pun.

8.      Burung Hantu

Burung yang aktif di malam hari ini juga nggak kalah setia dari hewan lain. Selain di musim kawin, burung hantu bakal setia sepanjang tahun. Pasangan burung hantu akan bersama-sama merawat dan memberi makan anak-anaknya.

9.      Elang Botak

Burung elang botak lebih memilih buat setia walaupun salah satu dari mereka mati. Elang ini akan membangun sarang bersama, merawat anak secara bergantian, dan selalu bersama seumur hidup.

Gimana, kamu terinspirasi dari kesetiaan hewan-hewan di atas nggak nih Millens(Idn/MG41/E05)