Smartphone Hilang? Lacak Saja dengan Cara Ini

Smartphone Hilang? Lacak Saja dengan Cara Ini
Melacak ponsel yang hilang (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Banyak orang yang langsung kebingungan saat smartphone-nya hilang. Hal ini disebabkan oleh pentingnya smartphone bagi aktivitas sehari-hari. Nggak perlu panik, ternyata ada kok cara untuk melacak smartphone yang hilang. Yuk simak.

Inibaru.id – Ketinggalan smartphone sudah cukup membuatmu resah seharian. Apalagi jika sampai kehilangan. Kamu pasti akan panik karena banyaknya data dan kontak yang tersimpan di smartphone. Kamu juga akan kesulitan untuk berkomunikasi dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Nggak perlu panik dan pasrah kalau smartphone-mu hilang, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk melacaknya kok. Yuk simak. 

1.       Lacak dengan Nomor IMEI

Mengecek nomor IMEI di kemasan <i>smartphone</i> (aplikasi-android.net)
Mengecek nomor IMEI di kemasan smartphone (aplikasi-android.net)

IMEI atau International Mobile Equipment adalah nomor identitas smartphone yang menyimpan data-data penting.  Sebelum melacak smartphone dengan cara ini, kamu harus mengingat nomor IMEI dan memastikan bila smartphone-mu dalam keadaan hidup. Selain itu, pastikan bahwa mode lokasinya juga aktif.

Ketiklah Find My Phone Google di browser-mu. Setelahnya, kamu tinggal memasukkan nomor IMEI smartphone-mu. Tunggu sampai tanda seru muncul dan kemudian klik tanda tersebut. Lokasi ponselmu pun akan terlihat. Kamu bisa menggunakan GPS atau Google Maps untuk mendatangi lokasi tersebut. 

Hanya, jika cara ini gagal, sebaiknya Anda meng-klik "Hapus Perangkat". Tujuannya adalah demi menyelamatkan data di smartphone-mu.

2.       Lacak dengan Gmail

Mengecek
Mengecek "Find Your Phone" lewat akun Google. (Tangkapan layar Google Account)

Kamu bisa melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan surat elektronik (surel) aktif yang digunakan di ponsel tersebut. Bukalah surel ini di laptop dan kemudian gunakan pilihan "Temukan Ponsel Anda" di ikon titik tiga di pojok kanan atas.

Pilihlah smartphone kamu yang hilang. Setelahnya, kamu tinggal menuliskan kembali password kamu. Klik "Temukan" dan tunggu beberapa saat. Laman Google Maps pun akan muncul dan menjelaskan di mana lokasi smartphone kamu tersebut.

3.       Melacak Smartphone lewat WhatsApp

Melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan WhatsApp (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan WhatsApp (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kecanggihan aplikasi ini nggak hanya terletak di fitur chat dan yang lainnya. Kamu pun bisa melacak smartphone-mu lewat fitur ‘Share Live Location’ di ponsel milik temanmu.

Kamu hanya membutuhkan teman yang pernah kamu kirimi Live Location sebelumnya. Setelahnya, pilihlah "Lihat Lokasi Terkini". Klik akun profil yang keluar di Maps dan kemudian pilih opsi "Dapatkan Arah". Kamu pun bisa mendatangi lokasi ponsel kamu yang hilang.

4. Melacak Smartphone dengan GPS

Melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan GPS (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan GPS (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Cara ini sebenarnya menggunakan aplikasi Google Maps yang bisa ditemukan dalam versi mobile atau versi web. Setelah membuka Google Maps, klik ikon tiga garis di bagian pojok kiri atas. Kamu pun tinggal menuliskan akun surel yang dipakai di ponsel. Setelahnya, login seperti biasa.

Setelah itu, kamu tinggal klik ikon Downscroll dan memiliki opsi Your Timeline. Kamu pun bisa mengetahui dimana posisi smartphone kamu yang hilang.

5.       Melacak dengan Google Maps

Melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan Google Maps (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan Google Maps (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Cara ini sebenarnya mirip dengan pelacakan dengan GPS. Hanya, cara ini cocok untuk dilakukan jika smartphone kamu sudah mati karena kehabisan baterai atau dimatikan orang lain.

Setelah login menggunakan akun gmail, kamu tinggal memiliki tanda garis tiga di bagian kiri atas layar. Setelahnya, pilih Linimasa Anda. Cek bagian paling akhir di mana smartphone terdeteksi.

Selain melacak dengan cara-cara ini, pastikan untuk melaporkan kasus ini ke polisi agar smartphone-mu bisa cepat ketemu ya Millens. (Hip/MG31/E07)