SMAN 1 Semarang, SMA Tertua di Indonesia

SMAN 1 Semarang, SMA Tertua di Indonesia
SMA N 1 Semarang, SMA tertua di Indonesia karena berdiri sejak zaman Belanda. (Twitter.com/Esperanzalexa)

Ternyata, SMA tertua di Indonesia ada di Semarang, lo. Tepatnya adalah SMAN 1 Semarang. Seperti apa sih sejarah sekolah yang sudah eksis sejak zaman Belanda ini?

Inibaru.id – Banyak orang yang mengira kalau sekolah menengah atas (SMA) tertua di Indonesia bakal ditemukan di Ibu Kota Jakarta atau setidaknya di Kota Pelajar Yogyakarta. Nyatanya, SMA tertua di Indonesia justru ada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Karena paling tua, wajar dong kalau namanya kini adalah SMAN 1 Semarang. Yap, beneran nomor satu dan pertama!

Lokasi SMA 1 Semarang ada di pusat kota Ibu Kota Jawa Tengah, dekat dengan Simpang Lima Semarang dan bahkan bersebelahan dengan kompleks pemerintahan Provinsi Jawa Tengah. Kamu bisa menemukannya di Jalan Taman Menteri Supeno Nomor 1, Kelurahan Mugassari, Semarang Selatan. Persis di depannya, ada Taman Indonesia Kaya yang asri.

Dilihat dari depan saja, terlihat jelas kalau bangunan SMAN 1 Semarang memang sudah lama. Maklum, sekolah ini memang dibangun di masa kolonial Hindia Belanda, tepatnya pada 1936 sampai 1938. Peresmiannya dilakukan oleh Gubernur Hindia Belanda di masa itu Tjarda van Starkenborgh Stachouwer pada 1939. Kala itu, namanya adalah Hoogere Burgerschool (HBS) V.

Omong-omong ya, sekolah HBS dulunya hanya diperuntukkan bagi anak-anak keturunan Belanda atau orang-orang pribumi dari kalangan priyayi atau elit yang sudah lulus dari ELS kelas I. Sekolah ini sebenarnya sudah mulai dirintis sejak 1877 di Hindia Belanda. Hal ini terungkap dari buku SMA dari Masa Ke Masa.

Kurikulum HBS di Indonesia sama dengan kurikulum yang diterapkan di negeri Belanda. Jadi dalam pelaksanaannya tidak banyak mengalami perubahan,” terang buku tersebut terkait dengan pembelajaran di HBS.

SMAN 1 Semarang sempat berubah fungsi jadi rumah sakit. (Indozone)
SMAN 1 Semarang sempat berubah fungsi jadi rumah sakit. (Indozone)

Sempat Jadi Rumah Sakit

Menariknya, di masa penjajahan Jepang, tepatnya mulai 1942 sampai 1945, fungsi sekolah ini sedikit berubah jadi Asrama Sekolah Pendidikan Tentara Jepang. Bahkan, pada 1946, fungsinya berubah lagi jadi Rumah Sakit Tentara Belanda. Pada masa itu, Indonesia memang sudah memproklamirkan kemerdekaan, tapi sebagian wilayah di Tanah Air masih jadi persengketaan dengan Belanda, termasuk Kota Semarang.

Pada tahun yang sama, fungsinya kembali berubah jadi Algement Middlebar School, Voorbereidend Hoger Onder Wijs, serta Middlebare School. Pada 12 Desember 1949, barulah bangunan sekolah ini kemudian diresmikan jadi SMA Negeri 1 Semarang.

Kini, SMA N 1 Semarang dikenal sebagai salah satu sekolah favorit di Kota Atlas. Banyak orang tua di Semarang yang pengin menyekolahkan anaknya di sana. Soalnya, di samping punya sejarah kuat, kualitas pendidikannya juga bagus.

Nggak nyangka ya, Millens, SMA tertua di Indonesia ternyata ada di Semarang? (Det, Wik, Sol/IB09/E05)