Melaju ke Perempat Final, Skuat Swedia Jadi yang Paling "Murah"

Melaju ke Perempat Final, Skuat Swedia Jadi yang Paling
Emil Forsberg saat merayakan gol Swedia saat mengalahkan Swiss. (Associated Press/Darko Bandic)

Dengan harga keseluruhan tim yang nggak lebih mahal dari striker Prancis, Kylian Mbappe, permainan kolektif Swedia tetap mampu membawa mereka menembus ke babak Perempat Final Piala Dunia 2018. Wah!

Inibaru.id – Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 ditutup dengan kemenangan dramatis Swedia dan Inggris. Swedia menang tipis 1-0 atas Swiss melalui gol tunggal Emil Forsberg. Sementara, Inggris memastikan diri sebagai penantang Swedia di babak Perempat final setelah menang adu penalti 4-3 versus Kolombia setelah sebelumnya bermain imbang 1-1.

Kompas.com (4/7/2018) menulis, kemampuan Swedia melaju hingga perempat final ini mengejutkan. Ini karena dibanding tujuh kontestan lain, anak asuhan Janne Andersson tersebut nggak banyak dihuni pemain bintang.

Timnas Swedia melakukan selebrasi pada pertandingan melawan tuan rumah Italia di San Siro, Milan, dalam kualifikasi Piala Dunia, 13 November 2017. (Reuters/Alessandro Garofalo)

Skuat Swedia adalah yang paling murah dari tim yang bertahan hingga perempat final. Bahkan, sebelumnya banyak yang memprediksi tim yang nggak lagi diperkuat Zlatan Ibrahimovic akan gugur di babak penyisihan Grup F yang diisi Jerman, Meksiko, dan Korea Selatan.

FYI, dari 23 pemain yang dibawa ke Rusia, hanya dua pemain yang bermain di liga lokal, yakni bek veteran yang menjadi eksekutor utama tendangan penalti, Andreas Granqvist, dan Sebastian Larsson. Granqvist bermain untuk Helsingborg, sedangkan Larsson bermain di AIK Fotboll setelah sempat menjajal Liga Primer Inggris.

Emil Forsberg, salah satu pemain termahal Swedia yang bermain di RB Leipzig. (Reuters)

Berdasarkan laman Transfermarkt, skuat timnas Swedia hanya memiliki nilai pasar 119.75 juta Euro atau rata-rata 5,21 juta Euro. Pemain termahal dari skuad tersebut adalah Emil Forsberg yang bermain di RB Leipzig dan Victor Lindelof yang menghangatkan bangku cadangan Manchester United. Keduanya memiliki harga pasaran 25 juta Euro.

Sebagai perbandingan, nilai total pemain Swedia itu bahkan lebih kecil dari harga pasaran penyerang muda Prancis Kylian Mbappe yang mencapai 120 juta Euro dan hanya sedikit lebih banyak dari pemain Prancis lainnya seperti Antoine Griezmann (100 juta Euro), Paul Pogba (90 juta Euro), atau Ousmane Dembele (80 juta Euro).

Skuat Timnas Swedia. (AP)

Total, skuad Prancis memiliki nilai 1,08 miliar Euro atau yang termahal di antara seluruh peserta di partai Delapan Besar. Skuat "alakadarnya" Swedia akan berhadapan dengan tim muda Inggris yang memiliki nilai pasaran total 874 juta Euro.

Hm, gimana ya kans Swedia selanjutnya? Mungkinkah mereka kembali mengejutkan dunia dengan lolos ke Semifinal? Menarik kita tunggu, Millens(IB09/E03)