Skincare Pria dan Wanita, Apa Bedanya?

Skincare Pria dan Wanita, Apa Bedanya?
Ilustrasi: Skincare pria. (Flickr/ Ben Rose)

Siapa bilang kaum pria nggak butuh skincare? Kulit mereka juga butuh dirawat, lo. Tapi apa ya beda skincare pria dan wanita?

Inibaru.id – Produk skincare seakan-akan identik dengan produk kaum hawa. Padahal, ada banyak lo produk skincare pria, lo. Nah, sebuah pertanyaan pun muncul. Apakah produk skincare pria dan wanita berbeda?

Beda dengan kaum hawa yang memang memperhatikan kondisi kulitnya, khususnya kulit wajah, laki-laki cenderung lebih cuek. Asalkan sudah ada sabun cuci muka, mereka sudah menganggapnya lebih dari cukup. Padahal, kalau laki-laki mau memakai skincare, kulit mereka jadi lebih sehat, cerah, dan bebas masalah kulit seperti jerawat, kulit bersisik, komedo, dan lain-lain.

Beda Skincare Pria dan Wanita

Banyak laki-laki yang cenderung "bodo amat" dengan produk skincare yang mereka pakai. Terkadang, mereka bahkan ikut memakai produk skincare perempuan yang dimiliki keluarga atau pasangannya. Padahal, skincare pria dan wanita itu beda, lo.

Perbedaan ini disebabkan oleh kulit laki-laki dan perempuan yang ternyata nggak sama. Hanya, kalau kamu pikir kulit perempuan lebih halus dari kulit laki-laki, hal ini kurang tepat. Kulit laki-laki juga banyak yang halus kok. Tapi, karena ada bulu seperti jambang, brewok, atau kumis, kesannya jadi lebih kasar.

Nah, perbedaan mendasar antara kulit laki-laki dan perempuan ternyata ada di ketebalannya. Kulit laki-laki rata-rata lebih tebal 25 persen dari kulit perempuan. Hal ini membuatnya nggak sesensitif kulit perempuan. Nah, gara-gara hal ini juga, ada anggapan kalau kulit laki-laki nggak perlu dirawat sebagaimana kulit perempuan.

Pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat. (Flickr/

Petras Gagilas)
Pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat. (Flickr/ Petras Gagilas)

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kulit laki-laki juga perlu dirawat. Akan tetapi, sebaiknya perawatan ini juga dengan skincare khusus untuk pria. Nah, skincare ini sebenarnya pada dasarnya memiliki bahan yang mirip dengan skincare untuk perempuan. Jadi, kalau kamu memakai skincare perempuan, sebenarnya ya nggak apa-apa.

Meski begitu, skincare perempuan biasanya memiliki pewangi yang cewek banget. Hal ini tentu beda dengan skincare laki-laki yang cenderung beraroma lebih maskulin. Kalau kamu nggak mempermasalahkan aroma pewangi ini, ya bisa saja memakai skincare perempuan, Millens.

O ya, skincare pria biasanya diperuntukkan untuk mengatasi masalah kulit berminyak atau jerawat. Masalah ini memang lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Karena alasan inilah kaum pria tetap harus cermat dalam memilih skincare-nya.

Berbagai Jenis Skincare Pria

Terdapat sejumlah jenis skincare pria yang bisa kamu temukan di pasaran. Berikut adalah beberapa di antaranya.

·         Sabun wajah. Sabun ini seringkali berfungsi sebagai pencegah jerawat, pengendali minyak, dan mengangkat kotoran.

·         Krim malam serta krim pemutih dengan tambahan vitamin bisa digunakan sebelum tidur agar kulit lebih cerah.

·         Masker wajah juga ada lo yang khusus untuk pria. Masker ini bisa mengangkat sel kulit mati, mengangkat kelebihan minyak, dan membuat kulit jadi lebih segar.

·         Pelembab wajah juga bisa dipakai pria jika mengalami masalah kulit kering.

·         Sunblock dipakai untuk melindungi kulit dari sengatan matahari saat berada di luar ruangan.

Kalau kamu, paling sering memakai produk skincare pria apa, Millens? (Mas/IB09/E05)