Nggak Hanya Hard Skill, Perusahaan Juga Butuh Pegawai dengan Soft Skill Ini

Berbekal hard skill saja nggak cukup untuk membuatmu masuk ke suatu perusahaan, terlebih sekarang kecerdasan buatan (AI) semakin canggih. Karena itulah soft skill diperlukan supaya banyak perusahaan yang melirik.

Nggak Hanya Hard Skill, Perusahaan Juga Butuh Pegawai dengan Soft Skill Ini
Soft skill juga dipertimbangkan saat masuk kerja. (Think360studio)

Inibaru.id – Berbekal hard skill saja nggak cukup untukmu masuk ke dunia kerja. Situs jejaring LinkedIn menyebut, 2019 ini, perusahaan di seluruh dunia membutuhkan karyawan yang memiliki hard skill sekaligus soft skill yang mumpuni. Hal ini sesuai dengan laporan Future of Jobs yang berasal dari World Economic Forum.

Kompas.com, Selasa (15/1/2019) menulis, kemajuan teknologi dan otomatisasi di seluruh dunia membuat manusia dituntut untuk memiliki keterampilan, orisinalitas, inisiatif, dan pemikiran kritis. Nah, bila kamu pengin mendapatkan karier yang cemerlang tahun ini, soft skill tersebut harus diasah.

“Mengapa soft skill semakin penting? Hal ini sebenarnya terkait dengan kebangkitan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang berpengaruh besar bagi otomatisasi dalam berbagai bidang. Namun, khusus untuk soft skill kan nggak bisa diotomatisasi kecerdasan buatan,” ungkap Editor Edukasi LinkedIn Paul Petrone.

Bagi sobat Millens yang mengincar karier pada 2019, cobalah untuk menguatkan soft skill yang disebut-sebut dibutuhkan perusahaan ini.

Kreativitas

Kreativitas sangat dibutuhkan di dunia kerja. Kemampuan ini terkait dengan kemampuan untuk mendapatkan ide, memecahkan masalah, menciptakan sesuatu, hingga melihat celah hal-hal baru dari yang sudah ada sebelumnya.

Persuasi

Persuasi adalah kemampuan untuk berkomunikasi. Hal ini perlu dimiliki pegawai karena berperan besar dalam hal mempengaruhi atau meyakinkan orang lain. Kemampuan itu sangat penting di dunia kerja, baik untuk urusan internal maupun urusan penjualan.

Kolaborasi

Kolaborasi bisa berarti kerjasama atau interaksi dari beberapa orang di dalam satu kelompok. Jika kamu bisa berkolaborasi dengan baik, kamu bisa kok menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan atau masalah baru dengan cepat. Bila kamu memiliki kemampuan adaptasi yang baik, masalah yang datang bakal segera bertemu solusinya. Itulah yang diinginkan perusahaan.

Manajemen Waktu

Selain sejumlah kemampuan itu, manajemen waktu juga sangat dibutuhkan di dunia kerja. Seseorang dengan manajemen waktu yang baik bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan tepat dan efektif.

Beberapa soft skill itulah yang sangat dibutuhkan perusahaan di dunia. Sementara itu, dalam bidang hard skill, perusahaan lebih memilih pegawai yang menguasai bidang komputasi awan (cloud computing), kecerdasan buatan (artificial intelligence), analisis sebab akibat (analytic reasoning), manajemen sumber daya manusia (people management), dan UX desaigner.

World Economic Forum menganggap lebih dari separuh total karyawan di seluruh dunia membutuhkan pelatihan ulang untuk bisa mengetahui kemampuan-kemampuan itu di masa mendatang. Jadi, sebelum kamu ketinggalan, sebaiknya segera pelajari semua skill ini ya, Millens. (IB09/E04)