Bebas, Siti Aisyah Kembali ke Indonesia

Setelah dua tahun menjalani persidangan di Malaysia atas dakwaan membunuh Kim Jong-nam dan dinyatakan nggak bersalah, Siti Aisyah kembali ke Tanah Air.

Bebas, Siti Aisyah Kembali ke Indonesia
Raut haru bercampur bahagia terpancar dari wajah Siti Aisyah. (merdeka.com)

Inibaru.id – Setelah menjalani masa penahanan selama 2 tahun 23 hari atas kasus pembunuhan Kim Jong Nam, Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Siti Aisyah akhirnya bebas. Pembebasannya diputuskan oleh hakim Azmin Arifin dalam persidangan di Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia. Dalam putusan tersebut, hakim mengabulkan permohonan jaksa dan mencabut dakwaan pembunuhan yang sebelumnya didakwakan kepada Aisyah.

Dikutip dari merdeka.com, Dirjen AHU Cahyo Rahardian Muzhar melalui siaran pers menyatakan, "Pembebasan ini didasari oleh permintaan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) kepada Jaksa Agung Malaysia sehingga memutuskan untuk menggunakan wewenangnya berdasarkan Pasal 254 Kitab Hukum Acara Pidana Malaysia, yaitu untuk tidak melanjutkan penuntutan terhadap kasus Siti Aisyah (nolle prosequi)."

Cahyo juga menjelaskan bahwa ada dua alasan utama yang mendasari permohonan atas pembebesan Aisyah. Pertama, Aisyah meyakini bahwa apa yang dilakukannya semata-mata bertujuan untuk kepentingan reality show, sehingga dia nggak memiliki niatan untuk membunuh Kim Jong Nam.  Kedua, Aisyah diperalat oleh intelejen Korea Utara dan nggak mendapat keuntungan atas perbuatannya.

Lebih lanjut, Cahyo pun menegaskan bahwa permintaan pembebasan Siti Aisyah sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo setelah dilakukan koordinasi antara Menkum HAM, Menlu, Kapolri, Jaksa Agung dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Sinergitas antarlembaga tersebut yang kemudian menguatkan permohonan atas pembebasan Aisyah dan berbuah hasil keputusan bebas dari Pengadilan Malaysia.

Keputusan tersebut pun disambut dengan rasa syukur, baik oleh Aisyah secara pribadi maupun keluarga besarnya. Secara resmi Aisyah dibebaskan pada (11/3) dan di hari itu pula, dia kembali ke Indonesia melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

"Perasaan saya senang bahagia, nggak bisa diungkapin dengan kata-kata," ujar Siti Aisyah yang dilansir dari detik.com.

Pada kesempatan yang sama pula, Aisyah mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Indonesia, khususnya Presiden Joko Widodo. “Terima kasih buat presiden kita, Pak Jokowi, terima kasih menteri-menteri, yang menolong saya sampai saya sekarang ini berada di Indonesia, dan dukungan media juga makasih banyak," tambahnya.

Semoga nggak ada lagi kasus seperti ini ya, Millens. (IB23/E05)