Sindrom Ini yang Bikin Wajahmu Kelihatan Jutek

Sebel gak sih kalau kamu sudah berusaha seramah mungkin dengan orang tapi masih saja dibilang jutek? Kalau kamu pernah mengalaminya, ada kemungkinan kamu memiliki Resting Bitch Face (RBF).

Sindrom Ini yang Bikin Wajahmu Kelihatan Jutek
Resting bitch face, wajah jutek walau sebenarnya nggak lagi kesal. (detik.com)

Inibaru.id - Ternyata ada penjelasan ilmiah kenapa wajah seseorang terlihat jutek, lo. Orang yang bertampang jutek padahal dia sedang dalam keadaan emosi stabil biasa disebut terkena sindrom Resting Bitch Face (RBF). Orang dengan sindrom ini sering dapat kalimat dari publik seperti, “kalau kamu senyum pasti lebih cantik!”

Para peneliti mengatakan bahwa RBF bisa diukur dengan serangkaian tes diagnostik. Jason Rogers dan Abbe Machbeth  menemukan bahwa ekspresi rata-rata manusia terdiri dari 97 persen ekspresi alami dan 3 persen ekspresi emosi dari 10 ribu ekspresi yang diteliti.

Fenomena wajah jutek bisa kamu dapati pada publik figur terkenal seperti Kristen Stewart dan Kanye West. Bahkan juri di ajang memasak yang ditayangkan di TV swasta seperti Chef Juna juga dianggap jutek oleh publik.

Menurut Rogers dan Macbeth, mereka menduga bahwa wajah jutek juga dipengaruhi oleh budaya sekitar serta genetik seseorang. Namun bisa juga hal ini disebabkan bagaimana kamu “menahan” wajahmu. Ciri-ciri RBF seperti yang diungkapkan mereka di antaranya adalah satu sisi bibir tertarik ke dalam, mata menyipit, dan sudut bibir sedikit terangkat, namun tak sampai tersenyum.

Nah, jadi buat kamu yang sering dianggap jutek oleh orang disekitarmu karena bawaan wajahmu gak perlu merasa sedih kok. Kamu tetap bisa bersosialisasi tanpa khawatir dijauhi oleh orang sekitar. Cukup syukuri apa yang ada pada dirimu dan kembangkan kemampuanmu sehingga bisa dikenal karena prestasimu seperti pulik figur di atas. (IB27/E05)