Simpan Tanaman dalam Ruangan, Sehatkah?

Simpan Tanaman dalam Ruangan, Sehatkah?
Ilustrasi tanaman dalam ruangan. (Decodesainrumah)

Banyak orang berpikir memelihara tanaman di dalam rumah nggak hanya untuk mempercantik ruangan tapi juga menyehatkan tubuh penghuni rumahnya. Eh, tapi benarkah?

Inibaru.id – Untuk mempercantik dekorasi, sejumlah orang memilih untuk memasukkan tanaman di dalam rumah mereka. Selain itu, mereka menganggap bila tanaman yang ada di rumah bisa menyejukkan ruangan dan meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. 

Bila ditilik secara ilmiah, tanaman di dalam rumah memang bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik penghuninya. Tanaman akan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida yang ada di dalam ruangan. Pada penelitian yang dilakukan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) 1989 menemukan akar tanaman hias dapat menyerap polutan dalam ruangan seperti formaldehida, trichloroethylene, dan benzena.

Beberapa penelitian kecil juga menyebut adanya tanaman di dalam ruangan membawa manfaat. Pada 1998 silam, penelitian di Norwegia menunjukkan tanaman di dalam ruangan bisa mengurangi keluhan kelelahan, batuk, tenggorokan kering, dan gatal yang dialami para pekerja kantor.

Sementara itu, laman Nytimes (20/11/2015) menulis ada dua uji coba terkontrol secara acak yang melaporkan perbedaan efek yang dirasakan pasien bedah di rumah sakit dengan tanaman di dalam ruangan. Pasien yang di ruangannya terdapat tanaman mengaku sakitnya berkurang. Rasa cemas, stres, dan lelah pun turut berkurang.

Meski demikian, dampak yang ditimbulkan tanaman di dalam ruangan terhadap peningkatan kesehatan mental dan fisik tidak seberapa dibanding dengan lahan hijau di luar ruangan. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan Frances E Kuo seorang profesor sumber daya alam dan ilmu lingkungan di University of Illinois di Urbana-Champaign.

Selain itu, tanaman di dalam ruangan juga berpotensi menimbulkan efek negatif. Thomas Whitlow seorang ahli ekologi perkotaan di Cornell University mengatakan tanaman hias bisa menghasilkan alergen yang dapat menimbulkan respons imun yang cukup parah ke beberapa orang.

Dari beberapa penelitian itu, tanaman dalam ruangan memang cukup membantu dalam segi kesehatan. Namun, kamu perlu mempertimbangkan jenis tanamannya. Monstera adalah salah satu tanaman yang membantu menaikkan kualitas udara di malam hari dengan menyerap CO2, menyerap formaldehida, dan melepaskan oksigen. Kaktus juga cocok ditempatkan di dalam ruangan karena dapat menyaring udara di malam hari dan mengatasi radiasi.

Sobat Millens termasuk yang memasukkan tanaman di dalam rumah nggak nih? (IB07/E04)