Simbol-Simbol dalam Kemasan Kosmetik Ini Mesti Kamu Ketahui

Simbol-Simbol dalam Kemasan Kosmetik Ini Mesti Kamu Ketahui
Tanda khusus pada kosmetik. (Sociolla)

Saat membeli kosmetik, jangan cuma melihat merek dan kualitasnya, Millens. Simbol-simbol yang terdapat di kemasan kosmetik juga perlu dipertimbangkan.

Inibaru.id – Seseorang biasanya membeli kosmetik berdasarkan kebutuhan kulit dan mereknya. Sebagian orang bahkan membeli kosmetik hanya karena tergiur dengan ulasan para beauty vlogger tanpa mempelajari lebih dalam bahan-bahan pembuat kosmetik itu.

Bukan berarti mesti mempelajari semua bahan kosmetik, Millens. Namun, setidaknya kamu lebih melek dengan simbol atau tanda yang tertera pada kemasan kosmetik.

Simbol-simbol tersebut dapat memberikan informasi tambahan untuk menjelaskan kriteria produk yang akan kamu beli. Ini pastinya sangat membantumu untuk menentukan produk yang sesuai untuk kulit sehatmu. Yuk, kenali simbol dalam produk kosmetik!

UVA

Simbol UVA. (Sociolla)

Bila kamu biasa membeli produk kecantikan yang mengandung SPF, kamu pasti akan menemukan simbol UVA ini pada kemasan. Yap, simbol tersebut menandakan produk itu mengandung level proteksi ultraviolet A sehingga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

PAO (Periode After Opening)

Simbol PAO. (Sociolla)

Perlu diketahui, masa kedaluwarsa produk yang belum dibuka dan sudah dibuka berbeda. Umur produk kosmetik biasanya lebih pendek saat sudah dibuka. Umur atau yang disebut PAO tersebut bisa kamu ketahui dari simbol jar kecil yang di dalamnya ada angka, misalnya 6M.

Bila tertulis 6M, artinya jangka waktu ideal produk untuk digunakan sampai habis adalah 6 bulan. Nah, produk skin care yang melebihi jangka waktu tersebut idealnya nggak digunakan karena kandungannya sudah nggak bekerja secara maksimal.

Hourglass

Simbol hourglass. (Sociolla)

Nggak jauh berbeda dengan PAO, simbol hourglass juga berfungsi sebagai penanda usia penggunaan produk. Bedanya, simbol ini menandakan produk dapat digunakan selama 30 bulan. Simbol ini biasanya ditemukan di produk kecantikan yang berasal dari lingkup wilayah Uni Eropa.

Ecocert

Simbol Ecocert. (Sociolla)

Produk kosmetik dengan simbol ini dipastikan 95 persen formulanya berasal dari bahan natural. Bila di bawah logo ada tulisan “Organic Cosmetic”, artinya 95 persen bahan itu berasal dari tanaman organik. Namun, bila yang tertulis “Natural Cosmetic”, artinya 50 persen kandungan dari bahan kosmetik tersebut berasal dari tanaman organik.

Green Dot

Simbol Green Dot. (Clipart-library)

Berbeda dengan simbol lainnya, simbol green dot memuat informasi perusahaan pembuat produk kosmetik telah bekerja sama dengan organisasi daur ulang. Hal itu dilakukan supaya limbah kemasan bisa dikelola dengan cara yang ramah lingkungan.

Nah, itulah beberapa simbol yang biasanya tertera pada produk-produk kosmetik. Simbol apalagi nih Millens, yang kamu temukan? (IB07/E04)