Ini Waktu yang Tepat untuk Bersihkan Karpetmu

Ini Waktu yang Tepat untuk Bersihkan Karpetmu
Ilustrasi membersihkan karpet. (Shutterstock)

Baik di rumah maupun di kantor, karpet biasanya menjadi alas untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Karena itu kebersihannya harus selalu dijaga agar nggak menjadi sumber penyakit.

Inibaru.id – Hampir setiap rumah ada karpet baik yang selalu dipakai ataupun yang hanya sesekali digelar. Meski intensitasnya berbeda, karpet punya fungsi yang sama yakni melindungi diri dari dinginnya lantai. Permukaan karpet yang cenderung lembut pun nyaman digunakan untuk berbaring.

Namun, karena sering diinjak dan dipakai beraktivitas, karpet bisa menjadi sumber penyakit. Letak karpet di lantai berpotensi menyerap lebih banyak kotoran, debu, bakteri, hingga kutu dan tungau. Karena itu, penting bagimu untuk selalu menjaga kebersihan karpet agar tetap nyaman digunakan sehari-hari.

Kamu mungkin berpikir karpet perlu dibersihkan kalau mulai terlihat kotor saja. Eits, seharusnya nggak demikian, lo.

Karpet sering menjadi tempatmu menjalani aktivitas. (Thinkstock)

Laman Halodoc (28/2/2018) menulis karpet sebaiknya dibersihkan paling tidak satu kali dalam minggu, terutama kalau karpet sering dipakai berkegiatan.

Kamu bisa membersikan karpet dengan alat penghisap debu, Millens. Ulangi beberapa kali sampai karpet benar-benar nggak memunculkan kotoran yang dapat terhisap oleh alat. Kalau nggak punya alat penghisap debu, kamu bisa kok membersihkan karpet dengan sapu lidi. Paling penting adalah memastikan benar-benar nggak ada kotoran yang tertinggal di karpet.

Setelah itu, kamu bisa menjemur karpet di bawah sinar matahari untuk menghilangkan bau apek. Sembari menjemur, kamu bisa mengulangi membersihkan karpet dengan sapu lidi untuk memastikan debu dan kotoran hilang.

Jika jarang dibersihkan, karpet dapat menjadi sarang sumber penyakit. (Cleanlabacademy)

Nggak cukup sampai di situ, sekali waktu kamu perlu membawa karpet untuk dibersihkan di jasa pencucian. Bawalah karpet ke jasa pencucian setidaknya enam bulan sekali. Jasa pencucian akan membersihkan karpetmu dengan alat khusus sehingga dapat bersih maksimal.

Membiarkan karpet terlalu lama tanpa dibersihkan bisa mengakibatkan debu dan kotoran menempel dan masuk hingga ke dalam karpet. Berbagai mikroorganisme juga mungkin tumbuh di sana, misalnya kutu dan tungau.

Hal inilah yang dapat memicu berbagai gangguan penyakit mulai dari kulit hingga pernapasan. Nggak mau kan karpetmu menjadi sarang sumber penyakit? Yuk, rajin bersihkan karpetmu, Millens! (IB10/E04)