Ini Waktu yang Pas untuk Bersihkan Rumahmu

Ini Waktu yang Pas untuk Bersihkan Rumahmu
Ilustrasi membersihkan rumah. (Shutterstock)

Rumah merupakan cerminan para penghuninya. Jika rumahnya bersih, penghuninya pun biasanya hidup sehat dan nyaman. Nah, kalau mau bersih-bersih rumah, simak waktu pas ini ya.

Inibaru.id – Sebagai tempat tinggal sehari-hari, kondisi rumah semestinya selalu bersih. Rumah yang bersih akan mewujudkan lingkungan yang sehat sekaligus memberikan rasa nyaman bagi penghuninya.

Eits, meski sekilas terlihat bersih, kondisi rumah dan perabotanmu bisa saja dipenuhi bakteri dan hewan tak kasat mata, lo. Maka dari itu, penting bagimu untuk membersihkan rumah dan perabotannya secara rutin di waktu yang tepat.

Namun, waktu untuk membersihkan perabotan yang ada di rumah berbeda-beda, Millens. Laman Viva (16/11/2017) menulis, bantal yang setiap hari kamu gunakan baiknya dibersihkan atau dicuci tiga hingga enam bulan sekali. Sementara, kasur sebaiknya kamu cek kebersihannya setiap bulan untuk mencegah berkembangnya tungau.

Rutin ganti sprei agar tak jadi sarang tungau dan bakteri. (iStockphotos)

Oh iya, jangan lupa untuk mengganti sprei secara rutin. Sprei yang terlalu lama dipakai dapat menjadi sarang bakteri penyebab gatal-gatal.

Setelah kamar tidur, kamar mandi pun juga mesti dibersihkan karena selalu kamu gunakan setiap saat. Pastikan kursi toilet dibersihkan setiap satu minggu sekali dengan cairan anti bakteri. Sikati pula ubin kamar mandi setiap satu minggu sekali untuk menghindari permukaan ubin yang licin.

Ilustrasi membersihkan kursi toilet. (Shutterstock)

Perhatikan juga kebersihan pakaian yang kamu kenakan sehari-hari, Millens. Cucilah pakaian sehabis dikenakan. Nggak disarankan untuk kamu memakai pakaian yang sama berulang-ulang tanpa dicuci.

Biar rumah benar-benar bersih, jangan mager untuk menyapu lantai setiap hari, ya! Bersihkan pula debu-debu yang menempel di perabotan rumahmu. Debu yang dibiarkan menempel di perabotan dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti batuk, flu, bahkan alergi.

Yuk, rajin bersihkan rumah dan perabotanmu agar nggak menjadi sarang debu dan bakteri. Rumah bersih, hidup pun terasa lebih nyaman. Iya, kan? (IB10/E04)