Siasati Kerjaan Saat Liburan dengan Cara Ini

Siasati Kerjaan Saat Liburan dengan Cara Ini
Sebagian orang harus tetap bekerja saat liburan. (Adobe Stock)

Musim liburan menjadi saat untuk memanjakan diri. Namun bagi sebagian orang, hal ini bisa saja nggak berlaku. Jika kamu termasuk orang yang dituntut bekerja saat liburan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyiasatinya. Apa saja?

Inibaru.id – Liburan Natal dan tahun baru akan datang sebentar lagi. Sayang, tuntutan pekerjaan membuat sebagian orang harus merelakan waktu liburnya. Jika kamu termasuk orang yang harus melakukan pekerjaan pada masa liburan, ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan agar kerjamu lebih efektif dan minim stres.

Bekerja dengan Efektif

https://d39l2hkdp2esp1.cloudfront.net/img/photo/154804/154804_00_2x.jpg?20181001073903

Bekerjalah dengan efektif dan efisien. (You Work For Them)

Berdiskusi dengan atasan adalah cara terbaik agar bisa memahami target yang akan dicapai. Jika sudah memahami target, kamu juga perlu membuat jadwal supaya bisa bekerja dengan teratur. Patuhilah jadwal itu supaya kamu nggak perlu bekerja seharian.

Negosiasikan Waktu Libur

http://mojarradi.com/wp-content/uploads/2019/11/4713_subordinate.jpg

Negosiasikan jatah liburanmu supaya tetap bisa berkumpul dengan keluarga. (Mojar Jadi)

Nggak ada salahnya mencoba menegosiasikan waktu berliburmu. Tanyakan pada atasan apakah sistem kerja selama liburan boleh disusun secara bergantian dengan kolega. Mintalah kompensasi waktu berlibur sebelum atau sesudah masa liburan supaya bisa tetap bertemu teman dan keluarga.

Hindari Media Sosial

https://www.thebalancecareers.com/thmb/9vnWQdzAqvnkkk3Wn4Dy-MlCYnA=/2120x1414/filters:fill(auto,1)/the-young-woman--designer--working-in-the-modern-small-business-office-979693538-928d3eb3e5674d0ca6bcd89031e8536d.jpg

Hindari menggunakan media sosial supaya nggak memicu perasaan negatif. (The Balance Careers)

Media sosial membuat orang rentan stres, galau, sedih, hingga membuat pekerjaan tidak selesai secara efektif. Menyaksikan postingan teman-teman yang sedang berlibur bisa memicu perasaan negatif. Jadi, untuk sesaat, hindari dulu media sosial ya!

Berikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Belanja buku atau makanan sebagai hadiah untuk diri sendiri. (Fimela)

Untuk mengurangi perasaan-perasaan negatif, nggak ada salahnya untuk memanjakan diri dengan berbagai kegiatan. Kamu bisa meluangkan waktu untuk berbelanja buku, berendam dalam air hangat, atau memesan makanan enak. Jika rindu keluarga, jangan ragu pula untuk menelepon mereka.

Sudah menyiapkan stamina untuk bekerja saat liburan? Yuk, terapkan cara-cara itu supaya semangatmu nggak pudar! (IB15/E06)