Siapkan Mulai Sekarang, 11 Barang yang Perlu Ada dalam Tas Siaga Bencana

Siapkan Mulai Sekarang, 11 Barang yang Perlu Ada dalam Tas Siaga Bencana
Ilustrasi Tas Siaga Bencana. (Ebay)

Bencana dapat datang kapan saja tanpa kita ketahui sebelumnya. Untuk berjaga-jaga, kamu perlu menyiapkan Tas Siaga Bencana (TSB). Apa saja isi TSB? yuk simak!

Inibaru.id – Bencana yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini membuat masyarakat yang tertimpa musibah kehilangan keluarga dan harta benda yang dimiliki. Selain menyelamatkan diri, ada hal yang perlu kamu bawa dalam satu tempat ketika bencana datang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerbitkan sebuah Buku Saku Menghadapi Bencana untuk mencegah dampak kerugian akibat bencana alam. Salah satunya adalah panduan menyiapkan tas siaga bencana (TSB).  Lalu apa saja sih yang harus kamu persiapkan dalam TSB ini?

1. Surat-surat penting

Menyiapkan dokumen-dokumen penting. (Parselday)

Dokumen-dokumen penting menjadi hal utama yang harus kamu bawa. Dokumen-dokumen penting meliputi Akta Kelahiran, Ijazah, Surat Kendaraan, Kartu Keluarga, dan lain-lain,

2. Pakaian

Menyiapkan pakaian. (Google Image)

Sandang menjadi hal kedua yang perlu kamu bawa. Alangkah baiknya, kamu menyiapkan pakaian untuk 3 hari berupa baju, celana, selimut, haduk, dan jas hujan,

3. Makanan ringan

Makanan ringan. (Tribunfile/ Ist)

Makanan ringan penting dalam kondisi seperti ini. Belilah makanan ringan yang tahan lama, seperti mie instan, abon, coklat, biskuit, dan lain-lain. Perhatikan pula tanggal kadaluarsanya ya!

4. Air minum

Air minum. (Thinkstock)

Ada makanan, tentu saja ada minuman. Siapkan minuman yang seenggaknya mendukung kebutuhanmu selama 3 hari ya, Millens!

5. Obat-obatan pribadi atau umum

Obat-obatan pribadi. (Cloudinary)

Kalau kamu memiliki penyakit pribadi, kamu wajib memasukkan obat-obatan pribadimu kedalam Tas Siaga Bencana. Tempatkan dalam pouch kecil agar obat-obatanmu nggak tercampur barang lainnya.

6. Alat bantu penerangan

Alat bantu penerangan. (Pixabay)

Alat bantu penerangan juga penting untuk kamu bawa. Alat penerangan yang bisa kamu bawa berupa senter, lilin, korek api, dan sebagainya.

7. Uang tunai

Uang tunai. (Anadoluagency)

dalam keadaan darurat, uang juga dibutuhkan, lo. Siapkan uang tunai di dalam tas untuk bekal selama kurang lebih 3 hari ya, Millens!

8. Peluit

Peluit. (Thinkstock)

Peluit berfungsi sebagai alat bantu pertolongan. bunyi peluit memudahkan petugas evakuasi yang tengah mencari korban. Jangan sampai ketinggalan ya!

9. Masker

Masker. (Thinkstock)

Bencana alam membuat debu beterbangan. Alangkah baiknya, kamu menyiapkan masker didalam Tas Siaga Bencana sebagai alat lindung pernafasan, ya!

10. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi. (Istimewa)

Tentu saja perlengkapan mandi nggak boleh ketinggalan. Siapkan alat mandi secukupnya.

11. Ponsel

Ponsel. (Vivo)

Bawa ponselmu untuk memantau informasi lebih lanjut mengenai bencana alam. Oh ya, jangan lupa sertakan alat pengisi daya atau powerbank, ya.

Selain menyiapkan barang-barang diatas, kamu juga perlu memiliki rencana darurat keluarga, seperti analisis ancaman bencana di lingkungan, identifikasi titik kumpul, mengumpulkan nomor penting seperti TIM SAR, rumah sakit terdekat, dan menyiapkan rute evakuasi.

Yukmulai siapkan Tas Siaga Bencana mulai sekarang! (IB24/E06)

Baca juga: Berusia Seabad, Rumah Kuno di Semarang Ini Dihuni 70 Keluarga