Siapkan Generasi Digital Terliterasi, Universitas Mercu Buana Gandeng SMKN 1 Tangerang

Siapkan Generasi Digital Terliterasi, Universitas Mercu Buana Gandeng SMKN 1 Tangerang
Webinar Fikom Universitas Mercu Buana di SMKN 1 Tangerang, Banten. (UMB)

Demi menyiapkan anak-anak muda SMK N 1 Tangerang jadi generasi terliterasi secara digital, Universitas Mercu Buana mengadakan webinar yang dihadiri oleh 26 dosen dan 180 siswa.

Inibaru.id – Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta mengadakan program pengabdian masyarakat secara daring di SMKN 1 Tangerang, Banten.  Target dari acara yang digelar pada 9-10 Februari 2021 ini adalah siswa dan siswi SMK tersebut.

Lewat webinar ini, UMB ingin berperan serta dalam perkembangan keilmuan komunikasi sekaligus menyiapkan generasi masa depan bangsa agar mampu bersaing dalam persaingan industri yang semakin ketat.

Dalam webinar, fokus pembahasan berkisar tentang literasi media digital, strategi promosi produk, public speaking, personal branding, serta produksi video advertising. Setidaknya, 160 siswa dari jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, Multimedia, dan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, dari SMK ini ambil bagian dalam webinar.

Materi diberikan oleh 26 dosen, yang berbagi pengalaman praktis tentang keahlian masing-masing. Selama dua hari, para dosen tersebut membagikan ilmunya dalam empat breakout room zoom meeting.

Kepala Sekolah SMKN 1 Tangerang Ariasni mengaku senang dengan kegiatan ini. Dia berharap kerja sama yang dilakukan UMB dengan SMKN 1 Tangerang bisa dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang. Menurutnya, acara ini bisa mendorong para siswa untuk lebih aktif mencari ilmu di luar kegiatan belajar mengajar di sekolah.

“Terima kasih untuk Fikom Univervitas Mercu Buana yang telah memfasilitasi siswa kami untuk dapat menambah wawasan mereka,” ujar Ariasni.

Sementara, Wakil Dekan Fikom Mercu Buana A Rahman juga mengapresiasi kerja sama pihak sekolah yang mau membantu menyukseskan program pengabdian  masyarakat kali ini.

“Kami sangat menyambut baik kerja sama ini dan semoga dapat terus berjalan sesuai dengan kebutuhan para siswa," terang Rahman. "Di Fikom, kami punya jurusan broadcasting dengan studio yang representatif kelas dunia. Ke depan, mungkin dapat dimanfaatkan oleh siswa SMKN 1 Tangerang untuk praktikum.”

Para siswa yang mengikuti webinar ini antusias mendapatkan pengetahuan tentang literasi media digital laiknya memverifikasi berita palsu alias hoaks, membuat konten video sinematik, serta strategi personal branding yang memaksimalkan media sosial.

Mereka juga mempelajari perilaku konsumen, mediapreneurship, komunikasi lingkungan dan kesehatan, budaya self-censorship, privasi, dan etika memakai e-mail.

“Saya banyak mendapatkan tambahan ilmu. Cara pembawaan materi juga enak, santai, dan jelas,” ucap Dewi Desianty, siswi kelas XII dari jurusan Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran yang mengikuti webinar ini.

Penanggung jawab acara Anindita mengaku bersyukur atas kesukssan acara ini di tengah situasi pandemi yang serba berat.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu, dan mohon maaf jika terdapat kekurangan selama pelaksanaannya,” tutup Anindita. (IB09/E03)