Kenalan dengan Max Born yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Tanpa jasanya, laptop yang kita pegang saat ini mungkin nggak akan pernah ditemukan, lo, Millens. Siapa dia?

Kenalan dengan Max Born yang Jadi Google Doodle Hari Ini
Google Doodle hari ini mengangkat Max Born, fisikawan perintis di bidang mekanika kuantum (Google.com)

Inibaru.id – Namanya Max Born. Senin (11/12/2017) ini dia berulang tahun. Google pun merayakan fisikawan perintis bidang mekanika kuantum tersebut. Ilustrasi tentang dirinya terpasang di Google Doodle.

Menjadi sosok yang diangkat Google, Born tentu bukanlah tokoh sembarangan. Yap, tokoh fisika dan matematika asal Jerman ini memang istimewa, Millens.

Baca juga:
Unggahan Instagram Paling Diapresiasi Warganet Sepanjang 2017
Berjuang dari Balik Kostum Babi

Lahir sekitar 135 tahun lalu, Born meraih PhD dari University of Gottingen, Jerman. Dia dikenal sebagai profesor fisika teoretis. Dia juga merintis mekanika kuantum, salah satu bidang fisika yang mempelajari materi dengan sangat rinci.

Mekanika kuantum yang dikembangkan Born memungkinkan kita mengenal komputer, laser, atau alat MRI sekarang ini.

Pikiran-rakyat.com, Senin (11/12/2017), menuliskan, Born mendapatkan Hadiah Nobel pada 1954 karena memperkenalkan Born Rule, teori kuantum yang mampu memprediksi lokasi partikel gelombang dalam sistem kuantum.

Baca juga:
Kedubes AS Mengaku Salah Menerjemahkan
Nggak Diakui Anaknya, Udjan Tidur di Got

Teori yang memakai probabilitas matematis ini mampu mengukur partikel dengan lebih tepat dibandingkan penemuan terdahulu. Lebih dari itu, Born juga menemukan matriks yang menjadi dasar seluruh prediksi fisika kuantum modern. (AW/GIL)