Orang-Orang dengan Kondisi Berikut Perlu Gunakan Masker Medis

Orang-Orang dengan Kondisi Berikut Perlu Gunakan Masker Medis
Ilustrasi memakai masker medis. (Rocket News 24)

Masker sangat bermanfaat untuk melindungi organ pernapasan dari virus, kuman, dan debu yang menyebar lewat udara. Lantas, siapa saja sih yang harus memakai masker?

Inibaru.id – Saat ini, cukup sulit untuk menghirup udara yang bersih. Polusi yang berasal dari banyak hal mencemari udara di sekitar, terlebih bila kamu berada di kawasan perkotaan. Nah, untuk bisa menyaring udara kotor itu, kamu perlu menggunakan masker saat berada di luar ruangan.

Orang yang bepergian baik yang mengendarai motor atau naik alat transportasi umum perlu mengenakan masker medis. Masker ini berfungsi untuk mencegah masuknya kuman, debu, dan risiko tertular penyakit dari orang lain yang kamu temui di jalan.

Selain itu, masker medis juga perlu digunakan penderita infeksi pernapasan seperti flu, pneumonia, bronkitis, TBC, dan penyakit gangguan napas lainnya. Masker berfungsi untuk mencegah penularan kuman serta menurunkan risiko terkontaminasi polusi.

Masker juga sebaiknya digunakan orang-orang yang bekerja di rumah sakit, baik yang merawat pasien dengan infeksi pernapasan yakni dokter dan perawat, maupun orang yang mengunjungi klinik atau rusak sakit. Perlu diingat, rumah sakit adalah tempatnya orang sakit sehingga ada banyak jenis kuman dan virus di sana. Masker dapat melindungimu dari risiko tertular dan masuknya kuman ke organ pernapasan.

Orang-orang yang bekerja menangani makanan juga sebaiknya menggunakan masker medis. Masker mampu mencegah menyebarkan virus atau kuman yang berisiko mencemarkan makanan.

Penggunaan masker juga sudah menjadi aturan bagi para pekerja di area proyek, pertambangan, dan pabrik logam. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjangkitnya penyakit pneumoconiosis akibat menghirup partikel debu atau logam bahaya yang merusak paru-paru.

Selain orang-orang itu, penggunaan masker mesti disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang akan kamu datangi atau tempati. Masker nggak hanya melindungimu dari partikel debu, virus, atau kuman, tapi juga melindungi hidung dari bau nggak sedap, seperti emisi gas buang kendaraan bermotor.

So, jangan lupa pakai maskermu, Millens. (IB07/E04)