Siapa pun Boleh Datang, Komunitas Board Game Semarang Adakan Play Day Setiap Bulan

Siapa pun Boleh Datang, Komunitas Board Game Semarang Adakan Play Day Setiap Bulan
Kobar Semarang dengan koleksi Board Game yang nggak monoton. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)

Sudah pernah main board game? Kalau belum, kamu wajib ikut serunya main board game bersama Komunitas Board Game (Kobar) Semarang. Mereka rutin mengadakan play day setiap bulan, lo! 

Inibaru.id – Buat kamu yang sedang merasa hidup ini membosankan, menjajal hal baru bisa menjadi salah satu solusi. Kamu bisa berlibur ke tempat yang kamu idamkan, atau bergabung dengan komunitas tertentu.

Nah, di Semarang ada sekumpulan anak muda yang hobi main board game nih. Kamu bisa bergabung bersama mereka di Komunitas board game (Kobar) Semarang. Komunitas yang terbentuk sejak 2015 ini diinisiasi oleh peserta lomba desain board game dari Semarang. Lomba ini diadakan di Yogyakarta.

Setelah ajang yang diselenggarakan penerbit buku di Kota Gudeg tersebut, para penikmat dan pembuat board game ini akhirnya membentuk komunitas ini. Selain mempererat pertemanan di antara mereka, dengan adanya komunitas ini diharapkan menjadi wadah bagi orang-orang yang tertarik di dunia board game.

Diva Hera dan Alfons Christian H., founder Kobar Semarang. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)
Diva Hera dan Alfons Christian H., founder Kobar Semarang. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)

FYI, board game adalah permainan yang dimainkan di atas papan. Biasanya, terdiri atas beberapa komponen seperti kartu, bidak, dan tentunya papan. Permainan ini sudah dimainkan oleh raja-raja Mesir dalam ritual tertentu, lo. Kamu pasti pernah main ular tangga kan? Nah, itu salah satu contoh board game. Hm, apakah dulu raja-raja Mesir memainkan ular tangga? Entahlah.

Menurut Sulthan Faiz Ardiansyah, koordinator Kobar Semarang, board game itu terdiri atas 3 kategori, yaitu mudah, medium, dan susah. Pengkategorian ini berdasarkan durasi permainan. Kategori mudah, artinya permainan itu bisa diselesaikan dalam waktu 10-15 menit. Permainan dengan kategori medium bisa diselesaikan dalam waktu 15-30 menit. Terakhir, kategori susah bisa menghabiskan waktu selama 1 jam lebih.

Selain untuk bersenang-senang dan menjalin interaksi dengan lawan main, bermain board game juga bisa melatih sensor motorik pada anak. Bahkan, ada juga board game yang didesain khusus sebagai media terapi. Nggak jarang juga, jenis permainan yang satu dijadikan media pembelajaran yang efektif untuk anak. Wah sungguh bermanfaat ya!

Sulthan sedang menjelaskan aturan main Zombie Space karya Diva Hera. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)
Sulthan sedang menjelaskan aturan main Zombie Space karya Diva Hera. (Inibaru.id/ Dyana Ulfach)

O ya, mereka juga biasa mengadakan play day yang terbuka untuk umum, lo. Nah kamu bisa mencoba hal baru dengan mereka nih. Gabung saja dengan komunitas ini dengan mengikuti sesi bulanan Kobar Semarang ini yang diadakan pada minggu ketiga.

"Simpel aja, cukup join di play day," kata Sulthan Faiz Ardiansyah, koordinator Kobar, Sabtu (18/1).

Untuk jadwal pastinya kamu bisa cek di akun media sosial mereka ya, Millens! Di play day ini kamu bisa main sepuasnya dan secapainya. Atau mau tanya-tanya tentang board game juga bisa banget! Ini karena para anggotanya sangat terbuka buat para pemula seperti saya.

Yuk agendakan buat main board game bareng Kobar Semarang! Siapa tahu dapat cem-ceman. Eh! (Dyana Ulfach/E05)