Siapa dr Lois yang Nggak Percaya Covid-19? Begini Fakta-faktanya

Siapa dr Lois yang Nggak Percaya Covid-19? Begini Fakta-faktanya
Sosok dr Lois yang nggak percaya Covid-19 dan anti masker ketika hadir dalam talkshow bersama Hotman Paris. (Tangkapan layar via Merdeka.com)

Dr Lois mengeluarkan sejumlah pertanyaan yang cukup menghebohkan warganet. Dia nggak percaya Covid-19, menyebut pasien yang meninggal karena interaksi antar-obat, dan juga anti-masker. Siapa sih sebenarnya dr Lois ini?

Inibaru.id – Nama dr Lois yang nggak percaya Covid-19 jadi pembahasan warganet Indonesia. Apalagi, di sebuah acara, secara blak-blakan dr Lois anti-masker dan menyangkal penyebab banyaknya kematian dipicu oleh virus Corona. Sebenarnya, siapa sih dr Lois ini?

Saking bikin hebohnya dr Lois ini, Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) sampai bakal memanggilnya. MKEK IDI ingin meminta pertanggungjawaban pernyataannya yang menyudutkan tenaga kesehatan (nakes) karena menganggap kematian pasien akibat Covid-19 disebabkan oleh interaksi antar-obat.

“Yang bersangkutan akan dipanggil MKEK untuk diminta klarifikasi,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Daeng M Faqih pada Sabtu (10/7/2021).

Banyak tokoh medis Indonesia yang langsung membantah pernyataan dari dr Lois. Bahkan, seorang influencer di dunia kesehatan dr Tirta Mandira Hudhi di akun Instagram pribadinya langsung membeberkan status dr Lois. Dia menyebut dr Lois nggak masuk dalam daftar anggota IDI. Dr Lois juga nggak menangani pasien Covid-19.

“Ibu Lois ini mengaku sebagai dokter. Setelah dikonfirmasi ke Ketua IDI PUSAT dr Daeng dan saya konformasi ke ketua MKEK yaitu dr Pukovisa, beliau mengatakan bahwa dr Lois tidak terdaftar di anggota IDI. Padahal, semua dokter di Indonesia harus terikat dalam organisasi profesi IDI,” terang dr Tirta pada Minggu (11/).

dr Tirta Hudhi langsung membeberkan siapa dr Lois yang bikin heboh ini. (Duniamasa/Satgas Covid-19)
dr Tirta Hudhi langsung membeberkan siapa dr Lois yang bikin heboh ini. (Duniamasa/Satgas Covid-19)

Selain nggak masuk anggota IDI, dr Tirta juga menyebut Surat Tanda Registrasi (STR) dr Lois sudah nggak aktif sejak 2017. Dia pun meminta pertanggungjawaban dr Lois atas semua pernyataannya agar nggak sampai jadi pembohongan publik.

Yang dipermasalahkan dr Tirta adalah pernyataan dr Lois tentang kematian pasien Covid-19 yang disebut karena interaksi antar-obat. Dr Lois ternyata juga anti-masker dan menganggap Covid-19 nggak ada. Selain itu, dr Tirta juga mempertanyakan saran dr Lois tentang konsumsi vitamin C setiap jam.

Dr Lois sendiri pun menyarankan IDI untuk mempertimbangkan untuk menyeret dr Lois ke meja hijau. Apalagi, banyak pernyataannya yang kontroversial dan bisa memperkeruh kondisi pandemi dan penanganan Covid-19 yang sedang dilakukan banyak tenaga kesehatan.

Kasus ini juga sudah diamati oleh pihak berwajib di antaranya Polda Metro Jaya dan Polri,” tegas dr. Tirta.

Wah pernyataan dr Lois yang nggak percaya Covid-19 ini bikin heboh, ya Millens. Kalau kamu, tim dr Tirta apa dr Lois nih? (Det/IB09/E05)