Jembatan Suramadu Bakal Dilintasi Kereta Gantung

Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur bakal membangun kereta gantung di atas Jembatan Suramadu pada April ini. Pembangunan infrastrukur itu diperkirakan menghabiskan dana Rp 4,5 triliun .

Jembatan Suramadu Bakal Dilintasi Kereta Gantung
Jembatan Suramadu. (Aslihmadureh.blogspot.com)

Inibaru.id – Naik kereta gantung di atas jembatan sepanjang 5.438 meter sepertinya menyenangkan ya. Apalagi jembatan itu menghubungkan dua pulau. Eits, itu bukan isapan jempol belaka lo karena Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur bakal membangun wahana kereta gantung di atas Jembatan Suramadu. Wah!

Pembangunan wahana itu rencananya bakal dimulai pertengahan April ini. Untuk pembangunan fisik penunjang dijadwalkan rampung akhir April karena menggunakan teknologi yang konon paling canggih. Namun, pembangunan keseluruhan wahana ini diprediksi baru selesai digarap pada 2018 akhir seperti yang ditulis Kumparan.com, Kamis (5/4/2018).

Kendati digagas Pemkot Surabaya, proyek ini juga melibatkan pihak ketiga atau pengembang. Pihak pengembang itu hanya menangani pada pembangunan awal kereta gantung yakni jalur pendek untuk menyeberangi Suramadu. Pihak ketiga nggak terlibat secara penuh pada pembangunan kereta gantung yang rencananya bakal melintasi Taman Pesisir, Sentra Bulak, Jembatan Suroboyo, dan Jembatan Suramadu.

Wahana ini bakal dikelola pihak swasta dahulu sebelum diberikan ke Pemkot Surabaya.

“Pihak swasta itu hanya akan mengelola wisata gantung selama tiga tahun. Setelah itu, pengelolaan akan diserahkan sepenuhnya ke Pemkot Surabaya,” ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya Eri Cahyadi seperti ditulis Cnnindonesia.com, Jumat (6/4/2018).

Pembangunan kereta gantung ini ternyata nggak murah lo, Millens. Pembangunan ini diprediksi menelan biaya Rp 4,5 triliun. Hm, jumlah yang cukup fantastis.

Semoga pembangunan itu lancar dan sesuai yang diharapkan ya. Nah, bagi kamu yang tertarik, kamu harus bersabar menunggu hingga akhir tahun. Hehe (AYU/IF)