Siap-Siap Cari Kerja yang Lain, Penerimaan PNS Ditutup Dua Tahun

Siap-Siap Cari Kerja yang Lain, Penerimaan PNS Ditutup Dua Tahun
Penerimaan PNS ditutup untuk dua tahun ke depan. (MediaIndonesia)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pemerintah memutuskan untuk nggak membuka penerimaan PNS selama dua tahun. Apa saja ya faktor-faktor tersebut?

Inibaru.id - Pemerintah memberikan informasi terkait dengan penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini. Sayangnya, kabar yang disampaikan nggak begitu bagus. Hingga dua tahun ke depan, penerimaan PNS kecuali untuk sekolah kepolisian dan militer nggak dibuka.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo di Gedung DPR pada Senin (6/7/2020). Dia menyebut penerimaan PNS hanya akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan saja.

"Rekrutmen CPNS juga perlu kita data. Dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. (Misalnya) Akpol (Akademi Polisi), Akmil (Akademi Militer) yang lain tetap di 2021," ujarnya.

Kabar penutupan pendaftaran diterangkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. (Cianjurekspres)<br>
Kabar penutupan pendaftaran diterangkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. (Cianjurekspres)

Ditutupnya penerimaan tersebut berkaitan dengan perintah Presiden Jokowi untuk menyederhanakan birokrasi dan mempercepat perizinan. Langkah tersebut dinilai mampu memangkas anggaran cukup besar. Hal ini sesuai dengan kebutuhan penghematan yang baru-baru ini memang diungkap oleh pemerintah.

"Tahap ini kami target selesai akhir tahun," lanjut Tjahjo.

Sebelum informasi ini diungkap, pemerintah juga telah menunda pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Formasi Tahun 2019. Kelanjutan seleksi tahap tersebut dijadwalkan akan digelar setelah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan Formasi Tahun 2020. Rencananya, tes SKB paling cepat baru bisa digelar pada Agustus 2020.

Faktor lain yang membuat penerimaan PNS akhirnya nggak diadakan selama dua tahun adalah kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia. Meski sudah masuk fase new normal, realitanya jumlah kasus positif dan meninggal di Indonesia masih tinggi dan sulit untuk diturunkan. Padahal, tes penerimaan PNS biasanya membuat banyak orang berkumpul.

Keputusan yang disampaikan oleh Tjahjo Kumolo itu diambil pada Rapat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS formasi tahun 2019 yang berlangsung Selasa (19/5) melalui video conference

Melihat fakta ini, sebaiknya kamu menunda dulu deh hasrat untuk mendaftar jadi PNS untuk sementara waktu. Carilah pekerjaan lain. Hitung-hitung nyari pengalaman atau bahkan pekerjaan yang nggak kalah keren, ya Millens!  (Kum/IB28/E07)