Si Putri Tidur Terlelap Belasan Hari

Si Putri Tidur terlelap selama 13 hari, bangun sebentar, lalu tidur lagi.

Si Putri Tidur Terlelap Belasan Hari
Siti Raisa Miranda atau akrab disapa Echa, Putri Tidur yang telelap hingga 13 hari. (Facebook/Moel Ya Lo Ve)

Inibaru.id – Tidur adalah bagian paling penting dalam siklus keseharian manusia. Dalam sehari, orang dewasa umumnya tidur antara 6-8 jam. Namun begitu, baru-baru ini ada kasus langka yang membuat seseorang tidur hingga berhari-hari lamanya.

Dilansir dari Kompas, Selasa (24/10/2017), seorang remaja berusia 13 tahun dikabarkan telah tertidur selama 13 hari dan baru bangun pada hari Sabtu (21/10) sekitar pukul 09.00 Wita. Siti Raisa Miranda, namanya.

Baca juga: Sindrom Putri Tidur, Gangguan Langka yang Misterius

Saat terbangun, Echa, panggilan akrabnya, terlihat kebingungan. Tak ada respons apa pun yang dilakukannya.

Kisah Echa itu mendadak viral di dunia maya setelah sang Ayah, Mulyadi, mengunggah foto anaknya yang sudah tertidur lebih dari 10 hari tanpa bangun di akun Facebook Moel Ya Lo Ve miliknya pada 18 Oktober lalu.

"Penyakit tidur Echa kambuh, hingga malam ini Echa sudah tidur selama 10 hari 10 malam... menurut dokter umum fisiknya ok aja, dokter spesialis jiwa belum bisa menggali lebih dalam," tulisnya.

Echa tinggal di Banjarmasin. Selama tertidur, ia senantiasa dijaga keluarganya. Pada Sabtu malam, Echa tertidur dalam posisi tengkurap di atas kasur sambil dipijat oleh pamannya. Tak ada gerakan bahkan suara yang dikeluarkan oleh Echa. Dia hanya diam dalam posisi yang sama hingga puluhan menit.

Baca juga: Ribuan Ikan Nila Mendadak Mati di Mukomuko

Mulyadi mengatakan, bukan kali ini saja Echa terlelap dalam waktu yang lama. Sebelumnya, “putri tidur” ini juga pernah tidur tanpa bangun mulai dari 7 hari, 8 hari, hingga hampir dua minggu seperti saat ini.

"Kalau kambuhnya sudah kedelapan (kali). Kalau tidurnya (lama) yang ketiga," ucap Mulyadi.

Dirinya menduga, berdasarkan gejala yang dialami, anaknya diduga mengidap sindrom Putri Tidur atau Kleine-Levin Syndrome (KLS). Lili, ibu dari Echa, sampai-sampai menjuluki anaknya "si Putri Tidur". (GIL/SA)