Setop Minum Kopi Jika Tubuhmu Menunjukkan 7 Tanda Ini

Setop Minum Kopi Jika Tubuhmu Menunjukkan 7 Tanda Ini
Berhenti konsumsi kopi jika kamu mengalami ini. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kopi memang memiliki manfaat untuk tubuh dengan catatan nggak berlebihan. Jika terlalu banyak minum kopi, tubuhmu bisa saja mengalami hal-hal berikut ini. Kalau sampai terjadi, lebih baik jauhi kopi.

Inibaru.id – Kini mengkonsumsi kopi telah menjadi gaya hidup. Sehingga sering kali kamu nggak sadar sudah berapa cangkir kamu seruput. Namun ternyata mengonsumsi kopi secra berlebihan nggak baik buat tubuh lo, Millens!

Meski bikin melek dan bersemangat, minum kopi juga bisa menyebabkan kecanduan yang membuatmu enggan berhenti. Eits…  jika tubuh sudah memberikan beberapa sinyal berikut ini, kamu harus segera mengakhiri kebiasaanmu minum kopi.

Tanda Kamu harus Berhenti Minum Kopi

Berikut adalah sinyal yang dikeluarkan oleh tubuh ketika nggak mampu lagi menerima kopi:

1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi. (iStockhoto)
Tekanan darah tinggi. (iStockhoto)

Kafein yang terdapat dalam kopi menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Suatu penelitian membuktikan hubungan kopi dalam jumlah banyak dengan meningkatnya tekanan darah. Jadi segera stop konsumsi kopimu ya!

2. GERD/Refluks Asam

Asam lambung naik. (iStockphoto)
Asam lambung naik. (iStockphoto)

Kafein bisa saja memicu gejala lonjakan asam lambung karena fungsinya untuk merelaksasi sfingter kerongkongan. Beberapa minuman berkafein termasuk kopi, teh dan soda juga dikaitkan dengan peningkatan risiko gejala refluks gastroesophageal. Segera hindari kopi jika kamu sudah mengalami gangguan ini.

3. Insomnia

Kamu mengalami gangguan tidur. (iStockphoto)
Kamu mengalami gangguan tidur. (iStockphoto)

Kandungan kafein dalam kopi dapat berdampak pada kualitas tidurmu. Bahkan, konsumsi kopi kurang dari 6 jam sebelum waktu tidur malam diasosiasikan dengan efek penurunan kualitas tidur dan meningkatkan insomnia. Lebih baik konsumsi kopi pada pagi hari agar tidurmu nyenyak.

4. Cemas

Cemas kalau belum minum kopi. (Google)
Cemas kalau belum minum kopi. (Google)

Efek kafein berupa sakit kepala, gemetar dan insomnia justru akan menjadi pemicu negatif bagi penyintas masalah kecemasan. Gejala ini menjadi sangat sensitif bagi para penyintas kecemasan. Kamu yang punya masalah kecemasan, segera jauhi kopi ya!

5. Gejala Kecanduan

Pengin minum kopi terus. (Stock.adobe)
Pengin minum kopi terus. (Stock.adobe)

Saat melewatkan secangkir kopi saja, kamu akan merasa ada yang aneh dan kurang dalam tubuhmu. Gejala kecanduan ini juga memberikan tanda seperti penyakit fisik seperti kekurangan energi, sakit kepala, dan gejala seperti flu.

6. Berat Badan Naik

Berat badanmu naik. (Stock.adobe)
Berat badanmu naik. (Stock.adobe)

Peminum kopi akan merasakan kenyang dan melewatkan makan atau ngemil. Sehingga kondisi ini menyebabkan perut peminumnya tetap kosong dan akan menjadi boomerang pada waktu makan berikutnya. Ya, tentu saja makan berlebihan hingga bikin berat badan naik drastis!

7. Haid Nggak Teratur

Jadwal haid nggak teratur. (Stock.adobe)
Jadwal haid nggak teratur. (Stock.adobe)

Bagi perempuan, terlalu banyak minum kopi juga berpengaruh pada siklus haid lo akibat rasa kenyang palsu! Sensasi tiruan yang diciptakan ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada kaum hawa. So, berhentilah mengkonsumsi saat periode haidmu mulai nggak teratur.

Itulah sinyal yang diberikan tubuh menandakan kamu harus mengakhiri kebiasaanmu minum kopi. Mungkin akan sedikit aneh di awal, tapi kan ini untuk kesehatanmu juga, Millens! (Det/IB27/E05)