Setiap Bulan, Rata-rata Orang Indonesia Makan Gorengan 13 Potong!

Setiap Bulan, Rata-rata Orang Indonesia Makan Gorengan 13 Potong!
Gorengan, camilan merakyat orang Indonesia. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Orang Indonesia gemar ngemil, khususnya ngemil gorengan. Nah, setiap bulannya, rata-rata orang Indonesia ngemil 13 gorengan, lo. Hm, kalau kamu, kira-kira berapa potong setiap kali makan, nih?

Inibaru.id – Kalau soal camilan favorit orang Indonesia, gorengan pasti jadi pilihan nomor satu. Nah, ternyata, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Surve Sosial Ekonomi Nasional (Susesnas) BPS 2019, orang Indonesia memang gemar mengonsumsi gorengan. Rata-rata, setiap bulan bisa makan gorengan 13 buah, lo!

Tepatnya sih ya, rata-rata kita makan gorengan 13,2 gorengan per orang. Menariknya, kalau gorengan yang dibuat sendiri, hanya 1,7 buah. Unik juga ya, meski bisa buat sendiri, kita memang lebih suka beli gorengan, apalagi yang dijual di pinggir jalan dengan variasi gorengan yang bermacam-macam, Millens.

Dari survei ini juga, disebutkan kalau rata-rata orang yang tinggal di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat makan satu buah gorengan setiap hari. Kalau dihitung rata-rata per bulan, 30,66 potong gorengan dimakan warga sini per orang.

Saking sukanya orang Indonesia dengan gorengan, khususnya yang dijual di pinggir jalan, usaha gorengan jadi salah satu dari 100 usaha yang paling direkomendasikan bagi mereka yang ingin memulai bisnis. Hal ini terungkap dalam buku Pengangguran Kaya Raya yang ditulis Wildan Fathoni dan terbit pada 2016 lalu.

Daripada Makan Berat, Orang Indonesia Lebih Suka Ngemil

Ternyata, orang Indonesia lebih banyak ngemil ketimbang makan berat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Ternyata, orang Indonesia lebih banyak ngemil ketimbang makan berat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Omong-omong soal gorengan, kita memang lebih suka menjadikannya camilan daripada lauk. Nah, hal ini klop karena memang berdasarkan survei The State of Shacking, orang Indonesia memang lebih gemar ngemil alih-alih makan berat. Survei ini dilakukan oleh produsen makanan ringan Mondelez Internasional. Itu lo, produsen jajanan seperti Oreo yang juga laris di sini.

Dalam survei yang dipublikasikan pada Desember 2019 ini, disebutkan bahwa kebiasaan ngemil dari 11 negara, termasuk Indonesia, diteliti. Dari survei inilah, ditemukan fakta kalau orang Indonesia ngemil 3 kali sehari, lebih banyak dari makan besar yang hanya 2,5 kalai saja. Kebiasaan ngemil ini dilakukan di sela-sela aktivitas harian.

Dari survei ini, ditemukan fakta bahwa 77 persen responden lebih suka ngemil makanan ringan daripada makan-makanan berat. Bahkan, 53 persen mengaku sudah nggak punya waktu untuk makan makanan besar.

Menariknya, orang Indonesia lebih suka ngemil di pagi hari, tepatnya di antara waktu makan pagi dan makan siang. Penyebabnya, banyak orang Indonesia nggak sempat sarapan akibat menjadi komuter dan menempuh perjalanan jauh hanya demi mencapai tempat kerjanya.

Camilan ini dijadikan pengganjal perut atau penyedia energi untuk bekerja sebelum makan siang tiba. Menariknya, camilan-camilan ini juga sering dikonsumsi untuk menenangkan pikiran.

“Sebanyak 93 persen orang Indonesia ngemil demi meningkatkan suasana hati. Kemudian, 91 persen untuk menemukan ketenangan atau menyenangkan diri seperti me-time,” terang sosiolog Ernawati Chotim.

Kalau kamu, paling suka makan camilan apa, Millens? Apakah juga gorengan yang renyah dan masih hangat? (Mer, Lok/IB09/E05)