Setelah Pertamax, Premium pun Turun di Jawa, Madura, dan Bali

Setelah Pertamax, Premium pun Turun di Jawa, Madura, dan Bali
Mengisi BBM. (Otosia.com)

Kementerian ESDM menurunkan harga BBM pada Minggu, (10/2/2019). Nggak hanya Pertamax, harga Premium pun turun di wilayah Jawa, Madura, dan Bali. Penurunan harga BBM ini dilakukan lantaran harga minyak dunia juga mengalami penurunan.

Inibaru.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi menurunkan harga eceran BBM umum nonsubsidi pada Minggu, (10/2/2019). Penurunan harga ini juga meliputi harga BBM Penugasan yaitu Premium di wilayah Jawa, Madura, dan Bali. Jika semula harga Premium dibanderol Rp 6.550 per liter, kini harga tersebut turun menjadi Rp 6.450.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan penurunan harga Premium dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Djoko juga mengatakan harga Premium memiliki formula sendiri. Kendati nggak diberi subsidi, penggantian atas selisih harga pasar dengan harga penugasan berhak diajukan Pertamina. Ini juga tentu saja mempertimbangkan hasil audit serta anggaran yang tersedia.

Melansir dari Kompas.com, Senin, (11/2), penurunan BBM terjadi karena harga minyak terus mengalami penurunan. Penurunan harga ini berkisar Rp 50 – Rp 1.100. Penyesuaian harga ini nggak hanya dilakukan Pertamina, namun juga PT Aneka Petroindo Raya, PT Vivo Energy Indonesia, PT Shell Indonesia, dan PT Total Oil Indonesia.

Selain menurunkan harga Premium, Kementerian ESDM juga menurunkan harga pelbagai jenis Pertamax. Penurunan ini berkisar di harga Rp 9.850 hingga Rp 11.700 per liter. Kendati penurunan harga di beberapa jenis BBM nggak signifikan, seenggaknya ini bisa bikin kamu lebih berhemat. Sepakat, kan, Millens? (IB15/E05)