Setelah Mudik, Lakukan Perawatan Ini pada Mobilmu

Setelah Mudik, Lakukan Perawatan Ini pada Mobilmu
Ilustrasi perawatan mobil. (Otomotifsunroof)

Perjalanan jauh saat mudik dapat mengakibatkan performa dan kondisi mobil menurun. Untuk menghindari risiko kerusakan, lakukanlah perawatan pada bagian-bagian mobil usai digunakan untuk mudik.

Inibaru.id – Selepas perjalanan mudik, performa mobil yang dipakai tentu nggak sama dengan saat berangkat. Mobil yang telah digunakan untuk menempuh perjalanan jauh biasanya mengalami penurunan performa. Biar kembali prima, perawatan mobil sangat diperlukan usai mudik.

Ada sejumlah perawatan yang bisa kamu lakukan terhadap mobilmu. Berikut beberapa di antaranya.

Bersihkan Interior dan Eksterior

Ilustrasi membersihkan interior mobil. (Coversuper)

Perjalanan mudik akan membuat eksterior mobilmu terlihat kusam karena debu dan kotoran. Segera cuci mobilmu atau bawalah ke tempat cuci mobil langganan. Pastikan bagian kolong mobil juga tercuci untuk menghilangkan kotoran seperti pasir dan sampah.

Oh iya, kamu juga bisa meminta petugas pencucian untuk mencuci karpet dan menyedot debu di bagian interior.

Bersihkan Saringan Udara

Ilustrasi membersihkan saringan udara. (Blackxperience)

Saringan udara yang kotor dapat mengakibatkan kendala seperti menurunnya kinerja mesin dan merusak ruang bakar. Yap, saringan udara memang berfungsi untuk mencegah debu dan udara kotor masuk ke dalam intake manifold. Pembersihan saringan udara bisa kamu lakukan sendiri atau memakai jasa bengkel resmi.

Cek Kondisi Aki

Ilustrasi memeriksa kondisi aki. (Pnews)

Selama perjalanan mudik, aki mobil akan terus bekerja untuk menyuplai kebutuhan listrik. Kondisi ruang mesin yang panas akan membuat air aki menguap. Agar kinerja aki kembali maksimal, periksa tegangan listrik dan kondisi air aki ya.

Cek Bagian Kaki-Kaki Mobil

Ilustrasi memeriksa kaki-kaki mobil. (Shutterstock/Pixel-Shot)

Periksalah kondisi kaki-kaki mobilmu dengan melakukan spooring dan balancing. Kedua hal itu berfungsi untuk memastikan pergerakan setir dan roda bekerja secara kompak. Periksa pula suspensi mobil dengan cara menekan mobil dan memperhatikan pantulannya.

Jika terjadi pantulan berulang-ulang artinya suspensi mobil sudah nggak bekerja dengan baik, Millens. Oya, periksa pula kondisi rem meliputi ketebalan kampas, piringan, dan pelumasnya.

Cek Kondisi AC

Ilustrasi memeriksa AC. (Djedzura)

Air conditioner (AC) akan bekerja ekstra selama perjalanan mudik. Untuk itu, kamu perlu memeriksa kondisinya terutama jika kesejukannya berkurang. Kemungkinan penyebabnya adalah kondisi freon yang sudah menipis atau bahkan bocor.

Selain kelima hal di atas, masih banyak lagi komponen yang harus kamu periksa kembali keadaannya setelah mudik. Pemeriksaan dan perawatan itu penting dilakukan agar mobil terhindari dari risiko kerusakan. Kamu tentu nggak pengin dong kalau mobilmu bermasalah? (IB10/E04)