Setelah Kehujanan, Sebaiknya Mandi Pakai Air Dingin atau Air Hangat?

Setelah Kehujanan, Sebaiknya Mandi Pakai Air Dingin atau Air Hangat?
Setelah kehujanan disarankan mandi dengan air hangat. (Unsplash)

Air hujan yang terkontaminasi dengan polutan mengandung berbagai senyawa berbahaya yang bisa membuatmu jatuh sakit. Sebab itu sangat disarankan untuk mandi setelah diguyur hujan. Eits, tapi baiknya pakai air dingin atau air hangat ya?

Inibaru.id – Musim hujan terkadang bikin mager untuk mandi. Padahal, mobilitasmu yang tinggi bisa bikin badanmu basah karena berulang kali terkena hujan. Sebelum mandi, pahami dulu air apa yang cocok untuk digunakan mandi setelah kehujanan? Air dingin atau hangat?

Dr. Nabiela Viera Yovita mengatakan sebenarnya mandi menggunakan air dingin dan hangat sama baiknya. Kedua jenis air ini memiliki fungsinya tersendiri. Air hangat dapat memberikan relaksasi untuk tubuh, sedangkan air dingin bisa membuat tubuh lebih segar.

“Mandi air dingin ataupun air hangat setelah kehujanan sama baiknya. Khususnya agar tidak masuk angin. Kalau mandi dengan air hangat bonus ekstranya adalah efek relaksasi,” kata Nabiela.

Mandi agar otot rileks dan kepala segar. (Yournews.in)<br>
Mandi agar otot rileks dan kepala segar. (Yournews.in)

Air hujan yang dingin bikin suhu tubuhmu nggak stabil. Maka mandi dengan air hangat cocok untuk mengembalikan suhu tubuh. Sedangkan untuk menghilangkan aneka kuman dan infeksi setelah kehujanan, pakailah sabun antiseptik.

Di sisi lain, mandi menggunakan air hangat juga dipercaya membuat jantungmu bisa bekerja lebih optimal dengan memompa darah ke seluruh tubuh sehingga panas tubuh jadi keluar. Pembuluh darah juga mengalami dilatasi (melebar) sehingga tekanan darah menjadi berkurang. Inilah yang membuat otot jadi lebih rileks.

Usai mandi, segera hangatkan tubuh dengan pakaian yang cocok. (Popsugar.com.au)
Usai mandi, segera hangatkan tubuh dengan pakaian yang cocok. (Popsugar.com.au)

Manfaat lain dari mandi menggunakan air hangat yaitu dapat mencegah sakit kepala. Direktur dan mentor SRL Diagnostics, India, Dr. Avinash Padhke dalam situs pribadinya menjelaskan, tekanan udara rendah serta kelembapan yang tinggi bisa membuat sakit kepala. Apalagi untuk anak-anak.

Dr. Avinash menyarankan untuk segera mandi menggunakan air hangat, berganti pakaian, dan mengeringkan kepala sesegera mungkin setelah kehujanan. Ini bisa membuat kamu terhindar dari penyakit seperti flu. Selain itu air hangat bisa juga untuk mengurangi kelelahan pada otot.

Selain mandi dengan menggunakan air hangat, jangan lupa mengimbanginya dengan makan makanan yang bergizi agar tak mudah sakit di musim hujan ya, Millens! (MG26/E06)