Setelah di Purworejo, Kini Blora Juga Punya Kerajaan

Setelah di Purworejo, Kini Blora Juga Punya Kerajaan
Pemimpin Kerajaan Djipang di Blora. (Tagar.id)

Setelah dihebohkan dengan Keraton Agung Sejagat, masyarakat Indonesia kini dihebohkan dengan Keraton Djipang di Blora. Ternyata, keraton ini sudah ada sejak 2014, lo.

Inibaru.id – Setelah dikejutkan dengan keberadaan Keraton Agung Sejagat, masyarakat Indonesia kembali dihebohkan dengan keberadaan Keraton Djipang di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Seperti apa sih kerajaan ini?

Kumparan, Kamis (16/1/20) menulis, Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang mengaku sudah mendengar tentang keberadaan kerajaan ini, namun, dia belum mengeceknya secara langsung.

“Sampai saat ini saya belum melihat itu. Tapi nanti saya akan cek terlebih dahulu. Sampai saat ini tidak ada (pergerakan yang merugikan), aman,” terang Antonius.

Keraton ini berlokasi di Desa Jipang, Kecamatan Cepu dan eksis sejak 2014. Bahkan, pada 2016 lalu, keraton ini sudah mengadakan kirab budaya yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Blora.

Raja dari Keraton Djipang, PRA Barik Barliyan Surowiyoto menyebut kerajaan yang Dia pimpin memiliki nilai historis  Dia juga memastikan bahwa Keraton Djipang adalah aset budaya dan sejarah di wilayah tersebut.

“Ini kembali muncul di permukaan karena sebagai upaya kami untuk tetap melestarikan sejarah dan budaya yang ada. Saya memang ada keturunan dari Adipati Jipang, Arya Penangsang,” terang PRA Barik.

Barik pun memastikan bahwa Keraton Djipang nggak sama dengan Keraton Agung Sejagat yang menjadi buah bibir masyarakat. Keberadaan keraton ini juga mendapatkan dukungan masyarakat sekitar, bukannya menyebabkan keresahan.

“Kami ada historikalnya, dulu memang sudah ada ini, sehingga jelas berbeda. Keberadaannya saat ini orientasinya untuk sektor pariwisata dan melestarikan sejarah dan budaya. Kalau yang di Purworejo itu orientasinya untuk penipuan, bahkan makar. Pun kami juga telah terdaftar di Forum Silaturahmi Keraton Nusantara,” tegasnya.

Millens pernah dengar kerajaan yang satu ini? (IB09/E06)