Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Bakal Punya Bioskop Lagi

Arab Saudi bakal membuka bioskop pertamanya setelah 35 tahun pemerintah setempat melarang keberadaan bioskop. Wah!

Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Bakal Punya Bioskop Lagi
Bioskop baru di Arab Saudi diklaim akan menjadi yang termewah. (Okezone.com)

Inibaru.id – Akhirnya Arab Saudi bakal punya bioskop nih! Yap, bioskop pertama akan dibuka setelah 35 tahun masyarakat Arab Saudi nggak punya tempat hiburan menonton film. Rencananya, bioskop perdana tersebut bakal dibuka pada Rabu (18/4/2018) depan.

Pemerintah Arab Saudi baru saja membuat kesepakatan dengan jaringan bioskop besar dari AS, AMC Entertainment Holding. Dalam kesepakatan tersebut, AMC akan membangun 40 bioskop dalam lima tahun ke depan.

Jadi Millens, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (5/4), Arab Saudi sebenarnya sempat punya bioskop pada 1970-an. Namun, kalangan konservatif kala itu menganggap tempat-tempat hiburan seperti bioskop membawa lebih banyak pengaruh buruk dibanding manfaat. Lebih dari itu, tempat duduk bagi lelaki dengan perempuan kala itu juga dicampur. Karena itulah bioskop akhirnya dilarang.

Kemudian, pada 2017 pemerintah setempat yang didorong "putra mahkota” Saudi, Mohammed bin Salman, membatalkan kebijakan itu. Hal ini dipengaruhi juga oleh ambisi Arab Saudi untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi selain dari hasil tambang minyak.

Pemerintah Saudi menargetkan 350 bioskop dengan lebih dari 2.500 layar pada 2030 mendatang. Selain untuk melayani 32 juta penduduk di Arab Saudi, bioskop juga diharapkan bakal menyerap banyak tenaga kerja. Mereka menargetkan penjualan tiket per tahunnya sebesar 1 miliar dolar AS.

Kepala Eksekutif AMC Adam Aron menjanjikan, bioskop pertama yang bakal dibangun di Saudi bakal menjadi yang terindah di dunia. Dia mengatakan, studio utama bioskop itu bakal berisi 50 sofa kulit yang dilengkapi balkon serta ruang orkestra. Kamar mandinya mewah dengan lantai marmer.

Nggak berhenti di situ, bioskop baru yang bakal dibangun kali ini nggak akan ada sekat pemisah antara laki-laki dengan perempuan. Adapun film pertama yang bakal diputar di bioskop tersebut adalah Black Panther. Wah, Wakanda forever! Ha-ha. (MAY/GIL)