Serulingmas Magang Seru, Cocok Buat Anak-anak untuk Kenalan dengan Satwa

Serulingmas Magang Seru, Cocok Buat Anak-anak untuk Kenalan dengan Satwa
SMS di Serulingmas. (Serulingmas)

Untuk mengisi kegiatan anak di masa pandemi, Serulingmas Banjarnegara membuat program untuk anak-anak yang bertajuk “Serulingmas Magang Seru (SMS)”. Anak-anak diajak melihat cara pelayanan di Serulingmas sekaligus diajak untuk merawat satwa.

Inibaru.id - Pandemi yang semakin parah di Indonesia membuat anak-anak seperti terkungkung di rumah aja dan bergantung pada hiburan daring. Meski mereka nggak merasa bosan, jika nggak diimbangi dengan kehidupan sosial di dunia nyata, bisa membawa efek kurang baik buat ke depannya.

Melihat hal ini, Serulingmas Banjarnegara menawarkan sebuah kegiatan alternatif bagi anak-anak untuk mengisi waktu belajar di luar sekolahnya. Nama kegiatan tersebut adalah “Serulingmas Magang Seru (SMS)” .

Membuat pakan. (Serulingmas)<br>
Membuat pakan. (Serulingmas)

SMS yang diadakan Rabu (30/12/2020) diikuti oleh 5 orang siswa dari Semarang. Dalam acara ini, anak-anak diperkenalkan pada cara kerja petugas Serulingmas. Contohnya, mereka melihat pelayanan pengunjung sebelum masuk objek wisata. Anak-anak bahkan diminta untuk mencoba memberikan pelayanan tiket masuk hingga pelayanan gate.

Yang seru, anak-anak juga diajak membantu proses perawatan satwa. Misalnya, mereka diminta meracik pakan untuk satwa, membersihkan kandang, hingga memberi makan. Selain itu, mereka juga diperkenalkan cara kerja operator wahana permainan.

Salah satu peserta magang, Ganesh Magani Ikhwansyah mengaku cukup senang mengikuti acara ini. Dia mengaku paling gembira saat diajak merawat hewan.

Memberi makan Rusa. (Serulingmas)<br>
Memberi makan Rusa. (Serulingmas)

“Aku senang banget bisa pegang ular, kasih makan harimau, main sama kelinci. Aku jadi pengen jadi dokter hewan”  ucap anak kelas 3 SD itu dengan riang.

Lulut Yekti Adi, Direktur Perumda TRMS Serulingmas berkata kalau program ini sangat cocok untuk diikuti oleh anak-anak selama masa pandemi. Materi magangnya juga nggak akan ditemukan di program-program magang di tempat lain.

 “Program ini akan kami buat sebagai program reguler untuk mengisi kegiatan anak-anak selama liburan sekolah atau selama belajar di rumah. Kapan lagi anak-anak bisa mendapatkan pengalaman magang seru yang tidak bisa didapatkan di tempat lain”, seru Lulut.   

Soal keamanan dan kenyamanan jangan kuatir, protokol kesehatan selama pandemi diberlakukan dengan ketat. Selain harus menggunakan masker, peserta program SMS ini juga dibatasi biar physical distancing bisa diterapkan.

Wah, seru juga ya, Millens. Tertarik ngajak anak-anak ke tempat ini nggak nih? (IB28/E07)