Sering Unggah Gambar Seperti Ini di Instagram? Bisa Jadi Kamu Depresi

Sering Unggah Gambar Seperti Ini di Instagram? Bisa Jadi Kamu Depresi
Ilustrasi: Unggahan gambar di Instagram. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Ternyata, linimasa seseorang di Instagram bisa menandakan apakah seseorang mengalami depresi atau nggak, lo, Millens. Seperti apa ya unggahan yang menandakan hal tersebut?

Inibaru.id – Instagram kini telah menjadi media sosial yang digemari banyak orang. Nggak hanya untuk ajang pamer kegiatan atau swafoto, banyak orang yang menjadikan Instagram jadi ajang unjuk kebolehan mengambil foto-foto keren. Menariknya, di balik sekumpulan gambar di sebuah akun, ternyata bisa menunjukkan kondisi kesehatan mental seseorang, lo.

Penelitian yang dilakukan Andrew Reece dan Christopher Danforth yang diunggah di situs EPJ Data Science pada tahun 2017 silam menunjukkan bahwa jika kumpulan foto di akun Instagram seseorang bernuansa gelap, kebiruan, dan jarang memakai filter, bisa jadi pemiliknya mengalami masalah mental.

Fakta ini terungkap dari penelitian yang melibatkan 166 orang. Dari jumlah partisipan tersebut, 71 di antaranya sudah terbukti mengidap depresi. Seluruh partisipan diminta untuk memberitahukan akun Instagramnya untuk dicek oleh para peneliti. Total, ada 43 ribu gambar yang diperiksa.

Instagram bisa mendeteksi kesehatan mental penggunanya. (Flickr/[cipher])<br>
Instagram bisa mendeteksi kesehatan mental penggunanya. (Flickr/[cipher])

Para peneliti kemudian menggunakan semacam algoritma komputer untuk menganalisa hingga per piksel, warna, serta metadata. Bahkan, pemindaian wajah juga dilakukan untuk mengetahui kemungkinan pemilik akun mengalami depresi atau tidak. Hanya, para peneliti sama sekali nggak mengecek komentar, teks, atau keterangan gambar.

Model penelitian ini diklaim memiliki akurasi 70 persen menentukan apakah seseorang mengalami depresi atau tidak.

“Banyak pengguna Instagram nggak sadar kalau kebiasaan mengunggah foto mereka bisa menentukan kondisi mental,” ucap Danforth yang merupakan ahli ilmu komputer dari University of Vermont.

Hasil penelitian ini adalah, orang yang depresi cenderung mengunggah foto dengan warna yang lebih biru, lebih gelap, cenderung abu-abu, jarang memakai filter, dan jumlah like lebih sedikit namun komentarnya lebih banyak.

Foto dengan nuansa tertentu menandakan pengguna Instagram mengalami depresi. (Flickr/Quotecatalog)<br>
Foto dengan nuansa tertentu menandakan pengguna Instagram mengalami depresi. (Flickr/Quotecatalog)

Jika memakai filter, mereka sering memakai efek berjenis Inkwell, sangat jauh berbeda dengan pengguna Instagram yang lebih suka memakai filter yang hangat seperti Valencia.

Hanya, pengguna Instagram yang sering mengunggah foto hitam-putih ternyata belum tentu mengalami depresi. Hal ini disebabkan oleh banyak orang yang memang lebih tertarik dengan foto hitam-putih. Meski begitu, memang ada kecenderungan pengidap depresi melihat dunia lebih dekat dengan warna gelap atau keabu-abuan. Mereka juga cenderung nggak peka dengan warna.

Coba cek deh linimasa Instagrammu, Millens. Apakah sesuai dengan ciri-ciri yang disebutkan sebelumnya atau nggak, nih? (Vic/IB09)