Sering Tethering Kuota dari Smartphone? Ini Caranya Agar Tetap Hemat  

Sering Tethering Kuota dari Smartphone? Ini Caranya Agar Tetap Hemat  
Tethering dari smartphone(Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Di masa yang serba online seperti sekarang, kebutuhan akan kuota internet meningkat. Sayangnya, hal ini bisa membuat kuotamu cepat habis. Tenang, ada kok cara agar kuotamu lebih hemat. Berikut adalah tips-tipsnya.  

Inibaru.id – Pandemi corona mengharuskan sebagian orang bekerja dari rumah (Work From Home). Hal ini membuat kebutuhan paket internet meningkat. Hanya, nggak setiap rumah atau kosan tersedia fasilitas free WiFi. Padahal, kamu harus tetap bekerja seperti biasa. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan tethering alias memakai kuota dari smartphone.

Masalahnya adalah, tethering bisa membuat kuota internet di smartphone cepat habis. Eits, nggak perlu terlalu khawatir. Ada kok cara agar kamu tetap bisa tethering internet tapi kuota nggak cepat habis. Yuk simak.

1.       Matikan Pembaruan Windows

Matikan pembaruan Windows (howtogeek.com)
Matikan pembaruan Windows (howtogeek.com)

Saat terhubung dengan internet, biasanya ada peraturan pembaruan otomatis dari Windows. Jika hal ini terjadi, tentu kuotamu akan tersedot habis. Karena alasan inilah kamu harus memeriksa pengaturan agar pembaruan Windows ini nggak terjadi secara otomatis.

Masuklah ke bagian Pengaturan atau Settings. Cek di bagian Update and Security, lalu aturlah jadwal pembaruan otomatis Windows di Windows Update. Atur jadwal di waktu saat komputer tidak menyala atau tidak terhubung internet.

2.       Menggunakan Browser yang Lebih Hemat Kuota

Atur google chrome kamu (howtogeek.com)
Atur google chrome kamu (howtogeek.com)

Jangan terlalu mendewakan Chrome. Bisa jadi browser ini boros kuota, lo. Pilihlah browser lainnya seperti Opera. Hanya, kalau kamu tetap ingin memakai Chrome, cobalah untuk mengatur plugin agar setelannya hanyalah click to run only. Hal ini tentu akan menurunkan pemakaian kuota dengan signifikan.

3.       Matikan Cloud di Google Drive atau Dropbox

Matikan sync (blackxperience.com)
Matikan sync (blackxperience.com)

Cloud adalah teknologi yang mengizinkan pengguna mengakses data di penyimpanan virtual melalui komputer dengan akses internet. Cloud memakan cukup banyak kuota, apalagi bila data yang kamu simpan mempunyai ukuran yang besar.

Kamu perlu mematikan Dropbox dengan cara masuk ke aplikasi, lalu klik ‘Setting’ di bagian kanan. Kemudia pilih ‘Pause Syncing’. Sedangkan untuk Google Drive, buka aplikasi versi desktop, klik ikon titk tiga di pojok kanan atas lalu pilih opsi ‘pause’.

4.       Batasi Kapasitas Data yang Akan Digunakan

Atur data limit kamu (androidauthority.com)
Atur data limit kamu (androidauthority.com)

Kamu bisa mengatur seberapa banyak kuota yang akan digunakan, jadi bila sudah melebihi batas pemakaian secara otomatis internetmu akan terhenti.

Caranya kamu hanya perlu masuk ke menu setting di smartphone, pilih ‘Data usage’ lalu aktifkan ‘Set mobile limit’. Setelah itu kamu bisa mengatur pemakaian data sesuai yang dibutuhkan.

5.       Aktifkan Fitur Power Save

Aktifkan power saving (thewindowsclub.com)
Aktifkan power saving (thewindowsclub.com)

Sama halnya seperti di atas, kamu pun bisa mengatur penggunaan internetmu dengan ‘powes saving’. Misalnya dalam sehari kamu hanya ingin menggunakan 10 Mb atau 1 Gb, maka kamu pun bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan.

Caranya, kamu tinggal masuk ke menu ‘setting’. Setelahnya pilih ‘tethering and portable hotspot’, lalu cari menu ‘portable wifi hotspot settings’  Kemudian ubah ‘powes save’ menjadi satuan waktu, lalu klik ‘ok’ untuk menentukannya.

6.       Kurangi Streaming atau Buka Youtube

stop dulu streaming youtube (idntimes.com)
stop dulu streaming youtube (idntimes.com)

Bekerja sambil mendengarkan lagu memang bisa bikin tambah semangat. Namun, kalau kamu mendengarkanya sambil streaming Youtube atau pemutar musik daring, tentu akan menyedot kuota internet dalam jumlah banyak.

Sebaiknya kamu mendengarkan lagu yang sudah disimpan di dalam memori smartphone atau komputermu saja. Kamu pun tetap bisa mendengarkan musik tanpa perlu kehilangan kuota internet.

Nggak ada salahnya kan melakukan tips-tips ini agar kuota internetmu nggak boros, kan Millens. (Hip/MG31/E07)