Sering Salah, Ini Perbedaan Kaktus dan Sukulen

Sering Salah, Ini Perbedaan Kaktus dan Sukulen
Perbedaan kaktus dan sukulen. (Dekoruma)

Banyak di antara pencinta tanaman hias yang bertanya-tanya perbedaan kaktus dan sukulen. Berikut penjelasannya.

Inibaru.id – Bekerja di kantor seharian memang membuat penat. Namun, keberadaan tanaman hias yang berada di dalam ruangan dapat membantu mata dan pikiran sedikit lebih rileks. Salah satu jenis tanaman yang jamak dipasang sebagai hiasan di dalam ruangan adalah kaktus dan sukulen.

Kaktus dan sukulen sebenarnya adalah dua hal yang berbeda. Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara kaktus dan sukulen.

Pada dasarnya, sukulen sejenis tumbuhan seperti kaktus. Sukulen merupakan istilah untuk tumbuhan yang mempunyai karakter menyerap dan menyimpan air pada batang utamanya. Secara fisik, sukulen memiliki kelopak seperti daun.

Sementara itu, kaktus mengganti jaringan daun dalam bentuk duri. Jadi, semua kaktus adalah tanaman sukulen. Namun tak semua sukulen adalah kaktus.

Cara merawat sukulen dan kaktus sebenarnya mudah. Banyak informasi yang mengatakan bahwa sukulen dan kaktus nggak boleh terlalu banyak disiram air, ternyata hal tersebut nggak terlalu berpengaruh, lo. Ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam merawat kaktus dan sukulen, seperti cahaya, media tanam, dan wadah yang digunakan untuk menanam.

Semua orang bisa dengan mudah menemukan tanaman hias ini di penjual tanaman pinggir jalan atau bahkan di supermarket. Harga tanaman jenis ini pun bervariasi mulai Rp 5 ribu hingga jutaan rupiah. Namun, harga itu sebanding dengan efek rileksasi yang ditimbulkan dari kaktus dan sukulen kok. Selamat merawat kaktus dan sukulen, Millens. (IB24/E04)