Sering Pakai Tusuk Gigi? Dampaknya Bisa Sangat Buruk, Lo

Sering Pakai Tusuk Gigi? Dampaknya Bisa Sangat Buruk, Lo
Jangan terlalu sering pakai tusuk gigi, Millens. Bahaya! (Flilckr/scarygami)

Tusuk gigi kerap menjadi andalan untuk membersihkan sisa makanan di gigi. Namun, terlalu sering menggunakannya bisa berbahaya, lo. Yuk Simak penjelasannya!

Inibaru.id - Setelah makan, terkadang kamu akan merasakan sensasi tidak nyaman pada mulut karena masih ada sisa makanan yang terselip di gigi. Jika sampai terlihat orang lain, tentu akan sangat memalukan, bukan? Untuk mengatasinya, kebanyakan orang akan langsung mencari tusuk gigi. Cara ini cukup efektif menghilangkan sisa makanan yang terselip tersebut.

Sebenarnya, membersihkan gigi dengan tusuk gigi nggak akan menyebabkan masalah besar. Hanya, jika kamu sering melakukannya, dampaknya bisa sangat buruk, lo. Berikut adalah bahaya-bahaya tersebut.

1. Menyebabkan Gusi Berdarah

Jangan anggap sepele gusi berdarah ya, <i>Millens</i>! (Alamy)
Jangan anggap sepele gusi berdarah ya, Millens! (Alamy)

Saat membersihkan gigi, gunakanlah tusuk gigi dengan hati-hati. Jika dilakukan dengan sembarangan atau terlalu sering, bisa membuat gusi terluka, lo. Hal ini disebabkan oleh ujung tusuk gigi yang cenderung tajam sehingga bisa menyebabkan luka atau perdarahan di area gusi. Padahal, gusi adalah jaringan lunak yang mudah terluka jika terkena benda tajam.

2. Infeksi Gusi

Sakit gusi tuh nggak enak! (Stock.adobe)
Sakit gusi tuh nggak enak! (Stock.adobe)

Terlalu sering menggunakan tusuk gigi akan menyebabkan masalah pada gusi yang lebih parah. Jika nggak segera ditangani dengan baik, maka dapat menyebabkan radang gusi (gingivitis). Bahkan, ketika gingivitis dibiarkan, ini akan menjadi semakin parah karena akan menyebabkan periodontis. Dampaknya bahkan bisa membuat gigi kamu lambat laun goyang atau lepas, lo!

3. Munculnya Ruang Antargigi

Jangan rusak gigimu yang sudah rapi, <i>Millens</i>! (Stock.adobe)
Jangan rusak gigimu yang sudah rapi, Millens! (Stock.adobe)

Kalau kamu nggak mau di sela gigi muncul ruang, sebaiknya kurangi intensitas menggunakan tusuk gigi. Jika kebiasaan ini masih kamu teruskan, maka ruang di sela gigimu akan menjadi lebih besar dan lebar. Tentu saja, ini nggak baik bagi kesehatan mulut dan memperburuk bentuk gigi yang sudah rapi.

4. Merusak Enamel Gigi

Supaya enamel gigimu nggak rusak, jangan pakai tusuk gigi terlalu sering ya, Millens! (Raymondcassar)
Supaya enamel gigimu nggak rusak, jangan pakai tusuk gigi terlalu sering ya, Millens! (Raymondcassar)

Kebiasaan menggunakan tusuk gigi juga dapat merusak enamel gigi. Enamel gigi adalah permukaan paling keras dari tubuh manusia. Selain itu, enamel gigi merupakan lapisan terluar dari gigi yang melindungi jaringan di baliknya, yaitu dentin dan pulpa.

Jika enamel gigi rusak, akan menyebabkan gigi mudah berubah warna. Tepian gigi pun menjadi terlihat transparan. Bahkan, gigi akan menjadi sensitif. Jika sampai hal ini terjadi, maka kamu nggak akan bisa lagi menikmati makanan panas atau minuman dingin.

5. Penurunan Gusi

Jangan sampai gusimu turun seperti ini. (Dental-visionist)
Jangan sampai gusimu turun seperti ini. (Dental-visionist)

Penggunakan tusuk gigi terlalu sering juga dapat mengubah posisi gusi. Gusi akan bergerak turun dari posisi awal. Jika kondisi ini dibiarkan, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada akar gigi yang akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Alih-alih menggunakan tusuk gigi, kamu bisa memperbaiki cara berkumur atau menyikat gigi untuk membersihkan gigi dan mulut. Tentu cara ini lebih aman untuk kesehatan mulut kamu, Millens! (Bri/MG27/E07)