Sering Kita Kasih, Makanan Ini Nggak Boleh Dimakan Kucing

Sering Kita Kasih, Makanan Ini Nggak Boleh Dimakan Kucing
Makanan yang nggak boleh diberikan ke kucing. (Flickr/ Isabelle Blanchemain)

Ada sejumlah makanan yang sering kita berikan ke kucing namun ternyata nggak boleh untuk mereka. Apa saja ya makanan-makanan tersebut?

Inibaru.id – Sebagian masyarakat Indonesia sayang dengan kucing. Meski saat memeliharanya rasanya lebih seperti diperbudak hewan berbulu ini, tetap saja kita suka dengan keberadaan mereka karena menggemaskan dan enak untuk dielus.

Nah, kalau kamu memang sayang banget dengan si pus, harus tahu nih makanan-makanan apa saja yang nggak boleh dimakan kucing.

Meski pada dasarnya kucing itu karnivora, banyak makanan yang bisa dimakan oleh kucing. Sejumlah orang bahkan mengaku kucingnya doyan makan tempe.

Biar kamu nggak makin penasaran, yuk simak makanan-makanan yang nggak boleh dimakan kucing berikut ini.

Tulang

Yap, makanan pertama yang sayangnya sering kita kasih ke kucing, yakni tulang, ternyata sebaiknya nggak dikasih ke mereka, Millens. Memang, gigi kucing sangat kuat, tapi, kalau sampai tulangnya sangat keras, bisa jadi akan membuat gigi kucing patah. Kalau sampai begini, mereka bisa mengalami infeksi akar gigi, lo.

Tulang yang cenderung kasar dan sulit dihancurkan saat dikunyah juga bisa membuat kucing tersedak, lo, Millens. Dalam banyak kasus, tulang-tulang ini bahkan bisa nyangkut di usus dan akhirnya membuat mereka sakit. Duh, kasian, ya?

Duri Ikan

Ini juga nggak boleh, Millens. Meski pada dasarnya kucing doyan ikan, bukan berarti mereka hanya kita kasih tulangnya saja. Kalau bisa ya kasih kucing daging ikan yang lebih sehat dan aman.

Alasan mengapa kucing nggak boleh makan duri ikan mirip dengan tulang. Hanya, duri jauh lebih tajam. Jadi, bisa jadi duri-duri ini nyangkut di tenggorokan atau saluran pencernaan. Mereka pun bakal sangat menderita, deh.

Duri dan tulang nggak boleh diberikan ke kucing. (Flickr/

Mark Turnauckas)
Duri dan tulang nggak boleh diberikan ke kucing. (Flickr/ Mark Turnauckas)

Daging Mentah

Nggak hanya daging mentah, telur mentah juga sangat nggak direkomendasikan untuk diberikan ke kucing, Millens. Jadi, bahan-bahan makanan ini berpotensi mengandung bakteri seperti salmonella atau e-Coli. Bakteri ini bisa bikin mereka sakit.

Jadi, andaipun kamu mau ngasih kucing daging, pastikan dagingnya sudah dimasak jadi bebas bakteri dan kuman, ya?

Cokelat

Sebenarnya sih aneh juga kalau sampai kita ngasih cokelat ke kucing. Hanya, kadang kucing penasaran dengan apa yang kita makan sehingga kita nggak tega dan ngasih cokelat ke kucing, deh. Masalahnya, di dalam cokelat ada kandungan methylxanthines yang bisa saja menyebabkan efek beracun kalau dimakan kucing dan anjing.

Efeknya, kucing bisa muntah-muntah, diare, atau bahkan kejang-kejang, lo. Jangan sampai deh kucing sampai mengalaminya, ya?

Tuna Kaleng

Kalau hanya sedikit sih nggak apa-apa. Tapi, kalau sampai tuna kaleng sering diberikan ke kucing, bisa memberikan dampak buruk berupa defisiensi tiamin pada tubuhnya.

Selain itu, bisa jadi kucing bakal kena gangguan pankreas dan saluran kemih, lo.

Nah, sebaiknya kamu jangan ngasih makanan-makanan itu ke kucing, ya Millens. (Kom/IB09/E05)