Sering Keramas dengan Air Hangat? Waspada Rambut Rontok!

Sering Keramas dengan Air Hangat? Waspada Rambut Rontok!
Keramas dengan air hangat bisa membuat rambut rontok. (Flickr/ Judit Klein)

Mandi dengan air hangat memang sangat nyaman untuk dilakukan. Tapi, kalau kamu sampai keramas dengan air hangat, risiko terkena rambut rontok bakal meningkat lo. Apa alasannya, ya?

Inibaru.id – Mandi dengan air hangat memang sangat menyenangkan. Apalagi jika suhu udara sedang sangat dingin. Tapi, kamu sebaiknya nggak keramas dengan air hangat. Pasalnya, air hangat nggak baik untuk rambut.

Memang, keramas dengan air hangat sangat menyenangkan. Hal ini bisa membuat otot dan pikiran jadi lebih rileks. Hal ini tentu bakal membuat beban pikiran seperti menghilang. Kamu pun akan merasakan lebih tenang.

Sayangnya, kalau menurut dr Renita Arlin Puspita yang merupakan Putri Pariwisata Indonesia 2012 lulusan Fakultas Kedokteran Umum Universitas Trisakti, kebiasaan keramas dengan air hangat bakal membuat rambutmu lebih mudah rontok. Hal ini disebabkan oleh terganggunya keseimbangan pH rambut dan kulit kepala.

Dampak dari hal ini nggak main-main, lo. Folikel kulit kepala bisa mengalami kerusakan, melemah, dan akhirnya berimbas pada rontoknya rambut saat disisir. Selain itu, air hangat bisa membuat minyak alami rambut bakal terkelupas. Dampaknya, rambut pun bisa menjadi lebih kering.

Kamu tahu nggak kalau rambut kering itu tanda bahwa rambut sedang mengalami dehidrasi. Hal ini bisa membuat rambut rusak, mengalami percabangan ujung rambut, hingga mengalami kerontokan.

Ada banyak faktor yang membuat rambut rontok. (Flickr/

uıɐɾ ʞ ʇɐɯɐs)
Ada banyak faktor yang membuat rambut rontok. (Flickr/ uıɐɾ ʞ ʇɐɯɐs)

Sebenarnya sih ya, sering keramas dengan air hangat hanya salah satu dari berbagai penyebab eksternal kerontokan rambut. Sebagai contoh, produk perawatan rambut seperti shampoo yang nggak tepat bisa menjadi pemicu lainnya. Apalagi jika produk perawatan rambut ini memiliki kandungan paraben yang jika dipakai terlalu banyak, juga bisa memicu kerontokan rambut.

Selain itu, penggunaan produk perawatan setelah mandi juga bisa menjadi pemicunya. Contohnya nih, ya, kamu adam suka memakai gel untuk membuatnya jadi lebih rapi. Masalahnya, bahan dari gel rambut ini bisa membuat rambut mudah rontok. Kebiasaan kaum hawa yang memakai catokan dan hairdryer juga bisa menyebabkan efek yang sama.

Kerontokan Juga Bisa Dipicu Oleh Faktor Internal

Nggak hanya faktor eksternal yang bisa memicu kerontokan rambut, faktor internal juga bisa jadi pemicunya, Millens. Sebagai contoh, kalau kamu memang punya keluarga yang cenderung mudah mengalami kebotakan, ya kamu memiliki risiko sama besarnya mengalami hal yang sama.

Selain itu, kalau pola makanmu nggak bagus sehingga kekurangan makronutrien atau mikronutrien layaknya asam amino, risiko terkena masalah rambut ini bakal membesar. Pasalnya, asam amino ini sangat penting dalam memperkuat rambut.

Demi mendapatkan asupan asam amino yang cukup, kamu perlu mengonsumsi sejumlah makanan bergizi layaknya daging ayam, daging ikan, serta sayuran layaknya paprika, brokoli, hingga bayam.

Jaga kondisi rambut kamu agar nggak mudah rontok, ya Millens. Kurang-kurangin deh keramas dengan air hangat, ya? (Kom/IB09/E05)