Sering Keram Kaki? Bisa Jadi Kamu Kena Pembekuan Darah

Sering Keram Kaki? Bisa Jadi Kamu Kena Pembekuan Darah
Keram di bagian kaki bisa jadi ciri-ciri penggumpalan darah. (Hellosehat.com)

Kalau kamu sering mengalami keram kaki yang cukup berat, kulit hangat, atau dingin hingga sesak nafas kamu perlu waspada, siapa tahu kamu terserang penyakit yang satu ini.

Inibaru.id - Darah yang normalnya berbentuk cair, dalam situasi ini darah bisa berubah menyerupai tekstur agar-agar yang kental. Normalnya, pengentalan darah seperti ini dialami ketika seseorang mengalami luka. Nggak hanya berbahaya, kondisi yang satu ini juga berakibat fatal. Yup, penyakit penggumpalan darah agaknya bisa dialami siapa saja sekalipun di usia muda.

Berikut ini adalah gejala pengentalan darah yang perlu kamu waspadai:

  1. Keram Kaki

Penderita penggumpalan darah biasanya akan mengalami keram yang cukup berat di bagian kaki. Penggumpalan ini biasanya disebabkan dari gumpalan darah DVT yang terbentuk di pembuluh darah besar. Kristine Arthur, MD, Internis Orange Coast Memorial Medicial Center California mengatakan jika hal ini diabaikan bisa berakibat pada emboli paru.

  1. Kulit Pucat dan Berubah Warna

Karena penggumpalan darah bisa menyebabkan gangguan pada aliran darah yang normal, maka gejala yang bisa diamati dengan jelas adalah kulit nampak pucat dan berubah warna. Akan terlihat perbedaan warna antara satu area dengan area lain yang mengalami penggumpalan darah.

  1. Perubahan Suhu Tubuh

Jika kamu mengalami perubahan suhu menjadi panas atau dingin pada beberapa bagian saja di tubuhmu, kamu perlu waspada karena hal ini juga menjadi salah satu ciri penggumpalan darah.

  1. Sakit Punggung

Gumpalan darah ada di daerah panggul atau di vena cava inferior, yang merupakan vena perut utama bisa menyebabkan sakit punggung. Jika tak segera diatasi, hal ini bisa berakibat kerusakan permanen yaitu memotong darah ke bagian tangan dan kaki.

  1. Sesak Napas

Pembekuan darah di paru-paru atau emboli paru bisa menyebabkan penderitanya mengalami sesak napas. Hal ini bisa mengancam jiwa jika disertai dengan keram di bagian kaki.

Karena semua ciri-ciri di atas dapat mengancam jiwa, kamu harus segera ke dokter kalau mengalaminya. Semakin dini ditindaklanjuti, risiko fatal dapat terhindarkan. Menerapkan pola hidup sehat juga bisa menghindarkan kamu dari penyakit berbahaya ini. (IB27/E05)