Ditimpa Bencana Bertubi-tubi, Lonely Planet Tetap Sarankan Wisatawan ke Indonesia

Ditimpa Bencana Bertubi-tubi, Lonely Planet Tetap Sarankan Wisatawan ke Indonesia
Pura Ulun Dani di Bali, salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia. (Flashpack.com)

Beberapa bulan terakhir, Indonesia diterpa rentetan bencana mulai dari gempa hingga tsunami. Namun, hal itu rupanya nggak berpengaruh pada sektor wisata. Indonesia bahkan masuk 10 besar negara terbaik untuk dikunjungi dalam buku Best in Travel 2019 keluaran Lonely Planet.

Inibaru.id – Indonesia seolah diterpa bencana yang bertubi-tubi sejak pertengahan 2018. Mulai gempa, gunung meletus, hingga tsunami terjadi di beberapa wilayah. Namun, hal itu rupanya nggak mempengaruhi sektor pariwisata Indonesia.

Penerbit buku panduan perjalanan wisata Lonely Planet baru-baru ini memasukkan Indonesia dalam 10 negara terbaik untuk dikunjungi pada 2019 mendatang. Bahkan, sampul buku berjudul Best in Travel 2019 itu bergambar Pura Ulun Danu yang berlokasi di Pulau Bali.

Kompas.com, Kamis (25/10/2018) menulis, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut positif rekomendasi dari Lonely Planet ini. Menurut Arief, hal itu diharapkan membantu Indonesia untuk memenuhi target 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun depan.

“Nggak main-main ini referensinya mengingat Lonely Planet sudah dianggap sebagai buku panduan wisatawan mancanegara,” ungkap Arief.

Lebih mengejutkan lagi karena dari seluruh negara di Asia Tenggara, hanya Indonesia yang masuk daftar ini, Millens. Thailand atau Malaysia yang acap kali dianggap sebagai pesaing justru nggak masuk daftar.

Dalam buku ini, Lonely Planet menyebut Indonesia sebagai negara yang kaya akan keindahan alam dan keragaman budaya.

“Memiliki lebih dari 17.000 pulau, Indonesia memiliki ragam budaya, kuliner, dan agama. Kekayaan ini membentang antarpulau dan menawarkan segudang pengalaman,” ungkap Lonely Planet dalam buku tersebut.

Kendati Indonesia beberapa kali diguncang gempa yang cukup kuat, Lonely Planet tetap menganggap Indonesia sebagai negara yang aman untuk dikunjungi.

“Gempa yang muncul belakangan ini terjadi karena Indonesia berada di jalur Ring of Fire. Meski begitu, Indonesia tergolong aman bagi wisatawan,” lanjut Lonely Planet.

Keputusan Pemerintah Indonesia yang memberikan akses bebas visa kunjungan bagi warga dari 169 negara di seluruh dunia juga mendapat pujian dari Lonely Planet.

“Dengan akses bebas visa bagi 169 negara, kita semakin mudah untuk mengunjungi negeri tropis yang indah ini. Pergilah sekarang, sebelum semua rahasia dan keindahan Indonesia terungkap,” tulis Lonely Planet.

Selain Indonesia yang menduduki peringkat ketujuh, negara-negara yang masuk daftar tersebut yakni Sri Lanka yang menempati urutan pertama. Jerman dan Zimbabwe menyusul di urutan kedua dan ketiga. Urutan keempat hingga keenam secara berturut-turut diduduki Panama, Kyrgiztan, dan Yordania. Sementara itu, di bawah Indonesia ada Belarusia, Saotome dan Principe, serta Belize.

Wah, nggak perlu jauh-jauh berwisata ke luar negeri nih, Millens. Indonesia saja masuk ke daftar 10 negara terbaik untuk dikunjungi, kok. Ha-ha.  (IB09/E04)