Sering Dilakukan, Jangan Lagi Memberi Tulang untuk Kucing

Sering Dilakukan, Jangan Lagi Memberi Tulang untuk Kucing
Perhatikan apa yang dimakan kucing. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Terkadang, ketika makan ikan, kita memberikan tulangnya pada kucing. Karena kucing-kucing itu tampak menikmatinya, kita berpikir nggak ada masalah. Tapi bagaimana efek memberikan tulang ikan pada kucing?

Inibaru.id – Asupan terbaik membuat kucing kesayangan tetap sehat dan lincah. Dua jenis makanan kucing yang paling umum diberikan adalah wet food (makanan basah) dan dry food (makanan kering). Terkadang, makanan mentah seperti ikan juga diberikan sebagai selingan.

Kucing memang menyukai ikan, tapi kamu harus hati-hati ketika memberikannya dalam bentuk utuh. Masalahnya, kucing kesayanganmu berpotensi memakan duri atau tulang ikan tersebut. Menelan tulang ikan bisa membahayakan kucing, lo. Hayo, siapa yang suka ngasih tulang ikan buat kucing?

Mengganggu Sistem Pernapasan dan Pencernaan

Jika kucing nggak sengaja menelan tulang ikan, sistem pernapasan dan pencernaannya akan terganggu, Millens. Sama seperti manusia, kucing juga akan merasa kesakitan ketika menelan tulang. Bentuk tulang ikan yang kecil dan teksturnya yang tajam membuat bagian ini sangat berbahaya jika tertelan.

Karena itu,hindarkan kucing memakan duri ikan atau usahakan nggak memberikan ikan utuh kepada kucing. Sebagai informasi, ikan yang belum dimasak akan lebih baik dibanding ikan yang sudah mengalami proses pemasakan. Tulang ikan mentah lebih mudah dikunyah oleh kucing. Ketika sudah dimasak, tulang menjadi lebih keras.

Tulang ikan matang nggak berbahaya untuk kucing. (Shutterstock)
Tulang ikan matang nggak berbahaya untuk kucing. (Shutterstock)

Nah, inilah yang membuat tulang lebih mudah tertinggal di tenggorokan dan mengganggu sistem pencernaan. Bukan cuma ancaman bagi pencernaan, menelan tulang ikan juga bisa menyumbat atau menembus tenggorokan dan saluran usus kucing.

Jika kucing nggak sengaja menelan duri ikan matang dan memuntahkannya, nggak jadi soal. Tapi, kamu perlu waspada jika kucing nggak segera memuntahkannya. Bisa jadi akan mengundang masalah serus. Mau nggak mau kamu harus membawanya ke dokter hewan.

Kalau kamu nggak ingin si mpus menelan tulang ikan, mending berikan saja wet food atau dry food. Boleh kok kalau kamu tetap ingin memberikan ikan, tapi singkirkan dulu durinya. Eits, saran ini nggak hanya berlaku untuk tulang ikan ya, tulang ayam atau unggas lain juga patut kamu waspadai.

Gimana, jangan lagi hobi ngasih tulang ikan matang lagi ya. Kasihan kan? (Bob/IB21/E03)