Sering Dilakukan, Benda-benda Ini 'Haram' Disimpan di Kamar Mandi

Sering Dilakukan, Benda-benda Ini 'Haram' Disimpan di Kamar Mandi
Ada beberapa barang yang sebaiknya nggak disimpan di kamar mandi. (Flickr/ Tom Page)

Kamar mandi bisa jadi tempat untuk sejumlah barang dan peralatan. Masalahnya, ada sejumlah barang yang sering kita tempatkan di sana namun sebaiknya nggak disimpan di kamar mandi, lo. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Di Indonesia, kamar mandi bisa menjadi tempat yang multifungsi. Selain toilet untuk buang air, kebanyakan orang Indonesia juga menyikat gigi atau mencuci muka di kamar mandi, bukannya di wastafel khusus.

Nah, gara-gara hal ini pula, ada banyak sekali barang yang disimpan di kamar mandi.

Meski terkesan wajar karena dilakukan banyak orang, sebenarnya ada beberapa barang yang sebaiknya nggak kita simpan di kamar mandi, lo, Millens. Apa saja ya barang-barangnya?

Handuk

Handuk sebaiknya dijemur di luar kamar mandi. (Flickr/irisphotos)
Handuk sebaiknya dijemur di luar kamar mandi. (Flickr/irisphotos)

Ngaku deh, banyak banget orang yang sehabis mandi membiarkan begitu saja handuknya ‘dijemur’ di dalam kamar mandi. Biasanya sih orang yang melakukannya sudah membawa pakaian ganti sembari mandi. Meskipun terkesan simpel dan wajar dilakukan siapa saja, sebenarnya hal ini kurang baik, lo, Millens.

Kamar mandi adalah ruangan yang lembap sepanjang waktu. Handuk yang habis kamu pakai untuk mandi juga pasti bakal lembap. Kombinasi dari kedua hal ini bakal membuat handukmu bakal jadi tempat yang ideal bagi jamur serta lumut berkembang biak.

Kalau kamu memakainya, otomatis badan kamu malah jadi rentan gatal-gatal deh. Demi mencegah hal ini, sebaiknya kamu menjemur handuk di ruangan terbuka atau di bawah sinar matahari langsung, deh. Selain itu, sebaiknya kamu juga menggantinya seminggu sekali. Buat badan kamu juga, lo.

Sikat Gigi

Jika disimpan di kamar mandi, sikat gigi bisa penuh bakteri. (Flickr/  Kristian Bjornard)
Jika disimpan di kamar mandi, sikat gigi bisa penuh bakteri. (Flickr/  Kristian Bjornard)

Memang, sebagian besar orang di Indonesia sudah memiliki wadah tersendiri bagi sikat gigi di kamar mandi. Maklum, kita memang terbiasa melakukannya sembari menggunakan gayung untuk mengambil air di kamar mandi, bukannya di wastafel. Masalahnya, hal ini ternyata nggak baik lo, apalagi jika kamar mandi kamu juga jadi satu dengan WC.

Sikat gigimu bakal jadi sarang setidaknya 10 juta bakteri. Bakteri-bakteri ini bisa saja berasal dari kotoran yang menyebar saat kamu menyiram toilet saat buang air besar. Meski sikat gigimu sudah dilindungi dengan helm, tetap saja risiko terpapar bakteri penyebab penyakit ini cukup besar.

Jadi, lebih baik kamu menyimpannya di luar kamar mandi deh. Dekat dengan wastafel atau tempat pencuci piring juga nggak apa-apa. Lebih aman dari bakteri, kok.

Pisau Cukur

Pisau cukur mudah berkarat jika ditempatkan di kamar mandi. (Flickr/Marco Verch)
Pisau cukur mudah berkarat jika ditempatkan di kamar mandi. (Flickr/Marco Verch)

Pisau cukur memang sering ditempatkan di kamar mandi karena penggunaannya juga lebih sering di situ. Masalahnya, kamar mandi cenderung lembap sehingga bisa membuat pisau cukurmu mudah berkarat. Kalau kamu memakainya, besar kemungkinan pisau cukur jadi kurang tajam. Pencukuran pun jadi sulit untuk dilakukan dengan lancar. Bisa-bisa, kamu malah terluka, Millens.

Nah, melihat fakta-fakta ini, sebaiknya kamu simpan barang-barang ini di luar kamar mandi saja, ya Millens.

Kalau sudah terbiasa juga nggak bakal ribet, kok. (Kom/IB09/E05)