Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan Minum Ini Sebaiknya Kamu Hentikan

Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan Minum Ini Sebaiknya Kamu Hentikan
Kebiasaan minum yang ternyata tidak sehat (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Salah satu cara agar tetap hidup sehat adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih. Hanya, kalau kebiasaan minum kamu nggak baik, bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti apa sih kebiasaan-kebiasaan minum yang sebaiknya kamu hindari?

Inibaru.id – Air putih dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain mendukung proses detoksifikasi, mencukupi kebutuhan air putih juga bisa mencegah dehidrasi. Hal ini tentu bisa membuat badan semakin bugar dan nggak mudah terkena penyakit.

Hanya, mencukupi kebutuhan air putih ternyata masih nggak cukup. Kamu juga harus memperhatikan kebiasaanmu saat minum. Jika terbiasa melakukannya dengan salah, dampaknya kurang baik lo bagi kesehatanmu.

Berikut adalah beberapa kebiasaan minum yang sebaiknya nggak lagi kamu teruskan.

1.       Minum Sambil Berdiri

Ilustrasi minum sambil berdiri (nationalofchange.org)
Ilustrasi minum sambil berdiri (nationalofchange.org)

Selain nggak sesuai dengan norma kesopanan yang diajarkan orangtua, minum sambil berdiri ternyata kurang baik untuk tubuh. Secara medis, minum sambil duduk terbukti lebih menyehatkan dibanding dengan berdiri.

Kok bisa ya? Nah, hal ini disebabkan oleh kebiasaan minum sambil berdiri yang akan membuat air tidak bisa diproses dengan baik di dalam saluran pencernaan. Hal ini juga akan membebani ginjal dan kandung kemih. Karena alasan inilah sebaiknya kamu mulai menghindari kebiasaan ini.

2.       Minum Ketika Sedang Tersedak

Ilustrasi tersedak (Freepik)
Ilustrasi tersedak (Freepik)

Kalau kamu sedang tersedak, pasti orang lain akan menyarankanmu untuk segera minum. Meski saran ini tujuannya baik, ternyata dampaknya bisa fatal bagi kesehatan,lo.

Tersedak nggak disebabkan oleh makanan yang tersangkut di saluran pencernaan, melainkan di saluran pernapasan. Jika kamu minum, sebenarnya tidak ada gunanya sama sekali. Cairan ini hanya akan melaju di saluran pencernaan. Sementara itu, makanan masih menyumbat saluran pernapasan. Jika masalah ini nggak segera diatasi, bisa jadi kamu nggak bisa bernapas dan akhirnya tewas.

Jangan buru-buru minum saat tersedak. Kamu bisa menepuk-nepuk dada demi membantu makanan yang menyumbat bisa segera kembali ke saluran pencernaan.

3.       Banyak Minum Sebelum Tidur

Ilustrasi minum di malam hari (thingstockphotos)
Ilustrasi minum di malam hari (thingstockphotos)

Minum air putih memang baik bagi kesehatan, tapi kamu nggak disarankan untuk meminum banyak air  putih di waktu malam menjelang tidur. Hal ini dapat membebani fungsi ginjal.

Ketika kamu terlalu banyak minum air, ginjal akan terus berkerja untuk memproduksi urine. Padahal di waktu tidur, seharusnya ginjal juga ikut beristirahat. Kamu juga akan sering terbangun gara-gara harus sering buang air kecil. Hal ini tentu akan menurunkan kualitas tidurmu, bukan?

4.       Minum Air Berlebihan Sekaligus

Ilustrasi minum berlebihan (shutterstock.com)
Ilustrasi minum berlebihan (shutterstock.com)

Meski kamu sangat haus, jangan minum air terlalu banyak secara sekaligus. Hal ini akan membuat kadar natrium dalam darah menurun drastis. Dampaknya, kamu pun akan lebih mudah lelah dan mengantuk. Selain itu, ada beberapa bagian tubuh yang membengkak akibat peningkatan volume darah. Jika hal ini sampai memicu pembengkakan otak, bisa jadi akan menyebabkan kematian.

5.       Minum Sambil Makan

Ilustrasi minum sambil makan (inimagen)
Ilustrasi minum sambil makan (inimagen)

Bila kamu terbiasa minum sambil makan, sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan ini, ya? Hal ini ternyata bisa membuat tingkat keasaman lambung berubah. Dampaknya, proses pemecahan protein dan penyerapan vitamin bisa terganggu, lo.

Minumlah seteguk air sebelum makan. Setelahnya, tunggu beberapa saat setelah makan dan barulah kamu bisa minum air. Hal ini bisa membantu proses pencernaan berjalan dengan lebih baik.

Hayo, siapa yang masih suka melakukan kebiasaan minum tadi? Mulai diubah ya, Millens (Pop/MG31/E07)