Sering Dikonsumsi, Minuman Ini Bisa Bikin Cepat Tua!

Sering Dikonsumsi, Minuman Ini Bisa Bikin Cepat Tua!
Minuman yang bisa bikin cepat tua. (Flickr/ Gabriela Pinto)

Nggak hanya rokok, stres, atau kurang tidur. Minuman juga ada lo yang bisa bikin cepat tua. Masalahnya, minuman ini sering kita minum. Apa sih minuman ini?

Inibaru.id – Kamu pasti pernah mendengar tentang sejumlah hal yang bisa bikin cepat tua seperti stres atau kurang istirahat. Tapi, pernah terpikir nggak kalau apa yang kamu konsumsi juga bisa membuatmu cepat tua? Salah satunya adalah minuman yang sayangnya sering dikonsumsi, lo.

Kalau menurut pakar kesehatan, kebiasaan mengonsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi ternyata bisa lo membuatmu mengalami penuaan dini. Duh, padahal minuman manis rasanya enak dan menyegarkan, ya?

Fakta ini terungkap dalam sebuah jurnal yang terbit pada 2014 lalu berjudul American of Public Health. Dalam jurnal ini, disebutkan bahwa para peneliti yang berasal dari University of California San Fransisco (USCF) melakukan studi dengan melibatkan 5.309 orang dewasa yang berasal dari Amerika Serikat.

Mereka yang dilibatkan memiliki rentan usia 20 sampai 65 tahun. Kondisi kesehatan mereka juga dicek. Intinya, mereka dipastikan nggak punya riwayat penyakit jantung gitu. Nah, para responden ini dicek kebiasaan minumnya setiap hari.

Hasil penelitian ini adalah, responden yang sering mengonsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi atau minuman dengan kandungan pemanis buatan cenderung memiliki telomere lebih rendah. Nah, kalau kamu bingung apa itu telomere, hal ini adaah bagian dari DNA yang bisa ditemukan di ujung kromosom. Telomere ini juga bisa ditemukan di antara sel darah putih, Millens.

Minuman manis seperti minuman bersoda bisa bikin cepat tua. (Flickr/ reggie35)
Minuman manis seperti minuman bersoda bisa bikin cepat tua. (Flickr/ reggie35)

Bagi kita, telomere sepertinya nggak begitu penting, ya. Tapi, bagi para peneliti, panjang pendeknya telomere ini terkait erat dengan usia seseorang atau risiko untuk terkena penyakit kronis. Apalagi, telomere nggak memandang usia, ras, hingga status sosial seseorang.

Salah satu peneliti yang terlibat, Profesor Elissa Epel menyebut kebiasaan mengonsumsi minuman manis bisa berdampak buruk pada semakin cepatnya sel jaringan menua. Dampaknya, penampilan kamu bakal jauh lebih tua dari usia kamu sebenarnya.

“Sering mengonsumsi minuman manis seperti soda bisa meningkatkan risiko terkena sejumlah penyakit. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mengacaukan pengendalian sistem metabolisme tubuh kepada gula. Bahkan, kebiasaan ini bisa membuat penuaan sel jaringan berlangsung lebih cepat,” tegas Profesor Epel.

Epel memberikan contoh dari yang dia temukan di penelitian. Kalau seseorang minum 20 ons minuman soda manis setiap hari. Hal ini akan membuatnya mengalami percepatan penuaan dini hingga 4,6 tahun. Efeknya hampir mirip dengan kebiasaan orang yang merokok setiap hari.

Sebenarnya, temuan ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Current Nutrition Reports juga melakukan penelitian dengan hasil yang serupa, yakni kebiasaan mengonsumsi minuman manis layaknya soda bisa memicu penuaan dini.

Para peneliti pun sepakat meminta siapa saja untuk mengurangi minuman manis, khususnya minuman bersoda. Intinya sih, biar nggak cepat tua. Jadi, sudah tahu kan salah satu cara untuk awet muda, Millens? (Det/IB09/E05)