Sering Dikonsumsi, 3 Makanan Ini Bisa Bikin Tulangmu Cepat Rapuh!

Sering Dikonsumsi, 3 Makanan Ini Bisa Bikin Tulangmu Cepat Rapuh!
Makanan yang bisa bikin tulang cepat keropos. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Ada lo sejumlah makanan yang sering kita konsumsi yang ternyata kurang baik bagi kesehatan tulang. Contohnya, 3 makanan ini bisa bikin tulang cepat rapuh. Kurang konsumsinya, ya!

Inibaru.id – Kamu pernah dengar penyakit osteoporosis atau tulang keropos nggak, Millens? Gangguan kesehatan ini cukup banyak terjadi di Indonesia, lo. Kalau kamu nggak menjaga kesehatan, bisa jadi akan mengalaminya di usia dewasa atau tua. Masalahnya, kita sering mengonsumsi makanan yang bisa bikin tulang cepat rapuh.

Jadi gini, Millens, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Stikes Aisyiyah Palembang pada Agustus 2018, sebanyak 18 hingga 36 persen perempuan Indonesia dengan usia kurang dari 70 tahun mengalami osteoporosis. Dengan rentang usia yang sama, sekitar 20 hingga 27 persen laki-laki Indonesia mengalaminya. Nah, kalau perempuan di usia lebih dari 70 tahun, prevalensinya jauh lebih tinggi, yakni 53,6 persen. Sementara laki-laki hanya 38 persen. Meski begitu, angka-angka ini masih cukup tinggi dan mengkhawatirkan.

Ada banyak faktor yang membuat tingginya angka kasus osteoporosis di Indonesia. Salah satunya adalah pola makan yang buruk. Nah, berikut adalah daftar makanan yang bikin tulangmu cepat rapuh namun sering dikonsumsi. Yuk, simak!

1.       Daging Merah

Daging merah bisa bikin tulang keropos kalau sering dikonsumsi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Daging merah bisa bikin tulang keropos kalau sering dikonsumsi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski harganya cukup mahal, daging merah sangatlah nikmat untuk diolah jadi berbagai macam makanan. Daging merah sebenarnya juga kaya protein yang baik bagi energi tubuh. Namun, kalau dikonsumsi dengan berlebihan, akan membuat kadar protein dalam tubuh terlalu banyak. Hal ini akan memicu produksi zat sulfat yang berlebihan.

Kalau sampai hal ini terjadi, tubuh akan melakukan mekanisme mengeluarkan kalisum dari tulang. Dampaknya, tulang pun jadi mudah keropos. Karena alasan inilah sebaiknya kita nggak sering-sering memakannya.

2.       Minuman Soda

Minuman soda kurang baik bagi tulang. (Inibaru.id/Isma Swastiningrum)
Minuman soda kurang baik bagi tulang. (Inibaru.id/Isma Swastiningrum)

Minuman soda sangat menyegarkan. Apalagi jika diminum saat panas. Tapi kamu tahu nggak kalau minuman ini tinggi kandungan fosfor yang bisa membuat tubuh nggak maksimal menyerap kalsium dan vitamin D. Padahal, keduanya sangat penting bagi kekuatan dan kesehatan tulang.

Sering meminumnya tentu bakal bikin tulang jadi mudah rapuh. Alih-alih minum soda, ada baiknya kita memperbanyak asupan susu deh biar tulang jadi lebih sehat.

3.       Garam

Garam jangan dikonsumsi berlebihan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Garam jangan dikonsumsi berlebihan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Iya, garam yang dimaksud itu bumbu yang sering kita pakai untuk memasak itu. Boleh-boleh saja kok memakainya setiap kali memasak. Tapi, pastikan jumlahnya nggak berlebihan ya. Kalau nggak, penyerapan kalsium di dalam tubuh bisa terganggu.

Selain bisa memicu masalah tulang keropos, asupan garam berlebih juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, lo. Karena alasan inilah kita harus berhati-hati saat mengonsumsinya.

Jadi, sudah tahu kan makanan-makanan apa yang sebaiknya dibatasi agar tulang nggak mudah rapuh, Millens? (Bob/IB09/E05)