Sering Dikaitkan dengan 212, Orang-Orang Ini Nggak Lagi di MUI

Sering Dikaitkan dengan 212, Orang-Orang Ini Nggak Lagi di MUI
Hasil Munas MUI menghasilkan kepengurusan baru yang tidak diisi orang-orang 212. (mui.or.id)

Siapa saja ya orang-orang yang terkait dengan PA 212 yang nggak lagi masuk dalam kepengurusan MUI? Berikut adalah daftar lengkapnya.

Inibaru.id – Kepengurusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 sangat berbeda dari periode sebelumnya. Nggak ada lagi nama Din Syamsuddin atau orang-orang yang dekat dengan PA 212. Siapa saja ya, mereka?

Kepengurusan MUI yang baru diatur oleh tim yang diketuai oleh Ma’ruf Amin. Hasil dari diskusi tim ini adalah menunjuk Miftachul Akhyar sebagai Ketua Umum MUI baru. Meskipun kebanyakan pengurus masih didominasi nama lama, namun sudah nggak ada lagi nama Din Syamsuddin dan Tengku Zulkarnain.

Din sebelumnya menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI. Sebelumnya dia mengaku nggak akan menghadiri Munas MUI. Sementara itu, Tengku Zulkarnain yang dikenal sering berseberangan dengan pemerintah menghormati hasil Munas MUI dan kini akan fokus berdakwah keliling Indonesia dan sejumlah negara lainnya.

Tengku Zulkarnain, salah seorang tokoh PA 212 yang nggak lagi menjabat di MUI. (demokrasi.co.id)
Tengku Zulkarnain, salah seorang tokoh PA 212 yang nggak lagi menjabat di MUI. (demokrasi.co.id)

Tokoh lain yang dikenal aktif di PA 212 dan juga hilang dari kepengurusan MUI 2020 – 2025 adalah Bachtiar Nasir. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI. Bachtiar dikenal sebagai pemimpin GNPF-MUI saat kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama bergulir. Ketua GNPF Yusuf Muhammad Martak yang sebelumnya adalah bendahara MUI juga sudah nggak lagi menjabat.

Saat menutup Munas ke-10 MUI, Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan pesan kepada Ketua Umum MUI yang baru dan jajarannya agar melayani sekaligus membimbing umat agar nggak sampai berada di jalur akidah yang menyimpang.

“Atas nama pemerintah, saya ucapkan selamat kepada jajaran pimpinan MUI dan seluruh peserta Munas. Saya bersukur Munas ini telah berhasil menetapkan susunan kepengurusan MUI periode 2020-2025 secara musyawarah sekaligus menyepakati agenda kerja utama MUI untuk lima tahun ke depan,” ucap Ma’ruf, Jumat (27/11/2020).

Ma’ruf berharap MUI bisa menjalankan peran sebagai mitra pemerintah sekaligus menjaga agama. Dia ingin agama sebagai sumber inspirasi, landasan berpikir, sekaligus kaidah penuntun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kalau menurut kamu, ini sudah tepat belum, Millens(Det/IB09/E05)