Sering Diabaikan, Tidur di Ruangan ber-AC Memiliki Risiko Bagi Kesehatan

Sering Diabaikan, Tidur di Ruangan ber-AC Memiliki Risiko Bagi Kesehatan
Risiko tidur di ruangan ber-AC.

Tidur di ruangan ber-AC memang menambah kenyamanan bagi sebagian orang. Namun, nyatanya hal tersebut berisiko bagi kesehatan. Apa saja risikonya, ya?

Inibaru.id - Tinggal di negeri tropis seperti Indonesia terkadang membuat sebagian orang memilih untuk menggunakan air conditioner atau AC. Banyak orang yang sengaja menyalakan AC di kamar tidur dengan tujuan membuat suhu udara menjadi lebih dingin agar tidur lebih nyaman. 

Padahal, sebenarnya menggunakan AC sepanjang malam dapat berdampak buruk bagi kesehatanmu, lo. Terlebih jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, bisa jadi malah memperburuk kondisimu. Dilansir dari Thehealthsite (27/7/2017) menurut Dokter umum Suburoto berikut 5 dampak tidur dengan AC sepanjang malam. 

Sakit Kepala

Hasil gambar untuk sakit kepala

Tidur di ruangan berpendingin bisa memicu timbulnya sakit kepala. (iStock)

Saat kamu tidur dengan kondisi AC menyala, suhu ruangan bisa berada di bawah kondisi tubuhmu. Suhu rendah dapat memicu timbulnya sakit kepala, sakit punggung, dan kontraksi otot.

Terserang Flu

Hasil gambar untuk flu

Ancaman flu saat tidur di ruang berpendingin. (Alodokter)

Suhu dingin di ruangan dapat membuatmu terserang flu. Jangan heran kalau saat bangun, kamu bakal bersin. Hal ini disebabkan kamu tidur menggunakan AC dengan suhu 16 derajat celcius.

Kelelahan

Hasil gambar untuk kelelahan

Tidur di ruangan AC membuat tubuh kelelahan. (Hellosehat)

Saat AC menyala, pastikan pintu dan jendela di ruangan ditutup dengan tujuan supaya suhu di dalam kamar tetap dingin. Namun, dengan menutup semua tempat pertukaran udara, kamu justru membatasi aliran udara segar dan mencegah sirkulasi. Udara segar yang berkurang bisa membuatmu merasa kelelahan.

Kulit Kering

Hasil gambar untuk kulit kering

Kulit kering karena tidur di ruangan ber-AC. (Grid)

Tidur di ruangan ber-AC dapat mengeluarkan kelembapan dari kulit dan membiarkan kulitmu terasa bersisik.

Masalah Pernapasan

Hasil gambar untuk sakit pernapasan

Gangguan pernapasan. (Alodokter)

Jika nggak membersihkan saluran AC secara teratur, kamu bisa mengalami masalah kesulitan bernapas. Ini karena jamur dan bakteri berkembang biak di AC yang kotor.

Nah, kalau kamu salah satu pengguna AC atau pendingin ruangan saat tidur, lebih baik pertimbangkan lagi penggunaannya, ya. (IB24/E04)