Sering Diabaikan, Kenali Gejala Leukimia Sejak Dini

Penyakit leukimia nggak memandang umur dan jenis kelamin, siapa pun bisa terkena. Karena itu, kamu harus waspada jika ada gejala-gejala seperti ini muncul. Apa saja gejalanya?

Sering Diabaikan, Kenali Gejala Leukimia Sejak Dini
Kenali penyakit leukimia sejak dini. (solusisehat)

Inibaru.id - Leukemia atau kanker darah menjadi salah satu jenis kanker yang paling ditakuti. Hingga kini belum ada pengobatan yang ampuh melumpuhkan penyakit ini. Sayangnya, penyebab pasti leukimia belum diketahui. Yang jelas, jika seseorang terkena leukimia, daya tahan tubuhnya akan terus tergerus, Millens

Kamu perlu berhati-hati jika mengalami gejala-gejala berikut. Metrotvnews.com via Healthline, Kamis (14/2) menulis beberapa gejala yang tampak sepele tapi mungkin mengarah pada leukimia seperti:

- lemah dan kelelahan akut,

- sesak napas serta nyeri pada tulang dan sendi,

- mengalami permasalahan di bagian gusi dan muntah-muntah,

- terjadi pembengkakan kelenjar getah bening,

- keringat yang berlebihan terutama pada malam hari,

- rentan terhadap infeksi seperti sakit tenggorokan atau pneumonia bronkial, yang bisa disertai dengan sakit kepala, demam ringan, sariawan dan ruam kulit. 

Sayangnya, nggak semua orang yang mengalami leukimia menunjukkan gejala. Ada pula yang nggak memiliki gejala apa pun seperti yang dialami Ani Yudhoyono, istri mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mulai sekarang jaga kesehatan yuk, Millens! (IB24/E05)