Sering Bangun Kesiangan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sering Bangun Kesiangan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Sering bangun kesiangan belum tentu karena seseorang malas. (Flickr/Marco Verch)

Banyak orang yang menganggap orang yang sering bangun kesiangan sebagai orang yang malas. Padahal, bisa jadi penyebabnya adalah hal lain. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Millens, kamu termasuk orang yang sulit bangun pagi? Jika iya, kamu pasti kesulitan untuk melakukan aktivitas yang biasanya dilakukan di pagi hari, ya. Kadang, penyebabnya belum tentu karena kamu tidur terlalu larut lo. Bisa jadi penyebabnya adalah sejumlah hal yang nggak kamu sadari.

Ada yang menyebut sering bangun kesiangan membuat rezekimu dipatuk ayam. Memang, hal ini hanya kiasan saja. Namun, kamu memang sebaiknya mulai membiasakan diri bangun lebih pagi demi kebaikanmu. Caranya, coba deh perhatikan apa saja penyebab bangun kesiangan yang nggak kamu sadari ini.

1.       Pola Tidur yang Buruk

Kalau yang ini sih sudah jadi rahasia umum ya, Millens. Kalau pola tidurmu buruk seperti baru tidur terlalu larut atau sering terbangun saat tidur malam, tentu kamu akan lebih sering bangun kesiangan.

Kalau sudah begini, coba deh perbaiki kebiasaan kamu sebelum tidur. Sebagai contoh, pastikan kondisi kamarmu senyaman mungkin sebelum tidur. Ganti seprei dan sarung bantal dengan yang masih bersih, kondisikan ventilasi dengan bagus atau pasang kipas dan AC agar kamar jadi terasa lebih nyaman suhunya.

Nah, sebelum tidur, sebaiknya kamu nggak memegang ponsel ya. Cahaya ponsel bisa membuat rasa kantukmu hilang. Sebaiknya, kamu baca buku deh agar bisa tidur cepat dan nyenyak.

Selain itu, perhatikan asupan minuman kamu, Millens. Kalau berlebihan, bisa jadi kamu bakal sering terbangun untuk buang air kecil. Kalau kurang, tubuhmu akan kekurangan cairan dan saat bangun bisa membuatmu jadi lemas dan nggak bertenaga.

2.       Perhatikan Cahaya Kamarmu

Kondisi kamar mempengaruhi kualitas tidur kamu. (Flickr/Marco Verch)
Kondisi kamar mempengaruhi kualitas tidur kamu. (Flickr/Marco Verch)

Kalau cahaya kamarmu nggak ideal, kualitas tidurmu bisa memburuk dan akhirnya kamu jadi lebih mudah bangun siang, deh. Jadi, kalau kamu mau tidur malam, sebaiknya kamu pastikan kalau suasananya redup sehingga membuat hormon melatonin bisa diproduksi dengan maksimal. Tidur kamu jadu nyenyak, deh.

Kalau cahayanya terlalu terang, kamu bakal terlalu sering terbangun dan akhirnya susah untuk bangun pagi.

3.       Gangguan Mental

Eh, ini beneran, lo, Millens. Kalau kamu sering bangun siang meski sebenarnya kamu sudah mencoba tidur lebih awal atau membuat kondisi kamar senyaman mungkin, bisa jadi kamu mengalami masalah mental seperti stres atau depresi.

Salah satu gejala dari depresi adalah hypersomnia alias tidur terlalu banyak sehingga membuatmu tidur terlalu lama. Nah, kalau kamu merasa ada yang salah dengan mental atau pikiranmu, jangan ragu untuk memeriksakannya ke psikiater, ya?

4.       Sering Menunda Alarm

Kalau kamu sering menunda alarm, kamu malah lebih sulit untuk bangun pagi, lo. Jadi, kalau alarm sudah menyala, sebaiknya langsung bangun deh. Hal ini akan bikin tubuhmu terbiasa bangun pagi.

Jadi, sudah tahu kan cara untuk nggak lagi sering bangun kesiangan? (Ruk/IB09/E05)