Seratusan Sapi Kurban di Yogyakarta Terinfeksi Cacing Hati

Seratusan Sapi Kurban di Yogyakarta Terinfeksi Cacing Hati
Sapi kurban. (Minews)

Seratusan sapi kurban yang disembelih di Yogyakarta teridentifikasi mengandung cacing hati. Apakah masih bisa dikonsumsi?

Inibaru.id – Lebih dari seratus sapi kurban yang ada di Yogyakarta diidentifikasi terinfeksi cacing hati. Fakta ini ditemukan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto menyebut tak hanya sapi, kambing kurban juga ada yang terinfeksi cacing hati.

“Sebanyak 110 ekor sapi yang sudah disembelih dipastikan telah terinfeksi cacing hati. Kasus infeksi cacing hati di kambing kurban juga ada, namun jumlahnya nggak banyak,” ungkap Sugeng seperti ditulis laman CNN Indonesia, Minggu (11/8/2019).

Kasus infeksi cacing hati ini ditemukan di hampir seluruh kecamatan di Kota Yogyakarta. Sebagai contoh, di Kecamatan Umbulharjo, 16 dari 413 sapi yang disembelih terinfeksi cacing hati. Sapi kurban yang terinfeksi cacing hati di Kecamatan Kotagede sebanyak 5 ekor sapi, di Kecamatan Mantrijeron ditemukan 7 ekor sapi, Kecamatan Kraton 1 ekor, Kecamatan Gondomanan 9 ekor sapi, Kecamatan Pakualaman 8 ekor sapi, Kecamatan Wirobrajan 15 ekor sapi, dan Kecamatan Ngampilan 18 ekor sapi.

Bahkan, di Rumah Pemotongan Hewan yang ada di Kecamatan Giwangan, dua ekor sapi juga dipastikan telah terinfeksi cacing hati. Di tempat ini, 50 sapi dikurbankan saat Iduladha. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan pemotongan sapi di hari biasanya yang hanya 6 atau 8 ekor.

“Hati sapi yang sudah terinfeksi cacing dipotong dan dikubur sehingga cacing tidak akan menyebar. Khusus untuk bagian hati yang masih bagus tetap bisa dikonsumsi,” ucap Sugeng.

Sementara itu, kasus kambing kurban yang terinfeksi cacing ditemukan di Kecamatan Mergangsan. Cacing-cacing ini ditemukan di saluran pencernaan. Bagian daging ini masih bisa dikonsumsi asalkan dibersihkan dengan air kapur.

Selalu cek kondisi daging yang akan kamu olah demi memastikan daging-daging itu terbebas dari infeksi cacing, ya Millens. (IB09/E04)