Sepulang Libur Panjang, Jangan Lupa Bersihkan Rumah

Sepulang liburan panjang di suatu tempat, kamu nggak bisa langsung istirahat dengan nyaman di rumah karena kondisinya pasti kotor. Biar lega, bersihkanlah rumah terlebih dahulu terutama pada bagian-bagian ini.

Sepulang Libur Panjang, Jangan Lupa Bersihkan Rumah
Ilustrasi bagian rumah yang harus dibersihkan. (Maidparade)

Inibaru.id – Rumah dengan kondisi bersih tapi ditinggalkan dalam waktu lama pasti akan kembali kotor. Meski kotoran nggak begitu terlihat, rumah harus tetap dibersihkan supaya nggak menimbulkan penyakit. Hal ini harus disadari bagi sobat Millens yang sering bepergian ke luar kota dalam waktu yang lama.

Sudut-sudut rumah mesti dibersihkan, nggak terkecuali bagian-bagian ini.

Tempat Sampah

Hasil gambar untuk tempat sampah dalam rumah

Tempat sampah harus dibersihkan sesaat setelah ditinggal dalam waktu yang lama. (Rumah123)

Hal pertama yang harus kamu cek saat pulang ke rumah adalah kondisi tempat sampahmu. Buang sampah yang tertinggal, lalu bersihkan juga tong sampah dengan air mengalir supaya bersih dan nggak meninggalkan noda dari sisa-sisa sampah. Upaya ini juga bisa mencegah datangnya lalat dan tikus yang dapat membawa kuman penyakit.

Buka Semua Jendela Setiap Ruangan

Hasil gambar untuk wanita membuka jendela di pagi hari

Membuka jendela adalah salah satu hal yang perlu dilakukan seusai liburan panjang. (Fotolia)

Selama ditinggal liburan, sirkulasi udara di rumah menjadi terbatas karena ventilasi seperti jendela dan pintu tertutup. Inilah yang menyebabkan rumahmu menjadi lembap dan bau. Nah, sebelum kamu mulai membersihkan hal lain, bukalah setiap jendela dan pintu di dalam rumah untuk memperbaiki sirkulasi udara. Biarkan udara dan sinar matahari masuk ke dalam rumah untuk menghilangkan hawa lembap dan menerangkan rumah.

Lantai

Hasil gambar untuk mengepel lantai

Mengepel lantai dengan sabun antikuman. (15min)

Hal penting lainnya yang harus dibersihkan adalah lantai. Lantai yang kotor merupakan tempat favorit jamur dan virus untuk berkembang biak. Sapulah lantai dan pel dengan sabun pembersih antikuman. Jangan lupa untuk selalu mengenakan alas kaki sebelum lantai bersih, ya.

Lemari Es

Hasil gambar untuk bersihkan lemari es

Lemari es perlu dibersihkan setelah ditinggal lama. (Stock.adobe)

Sebagai tempat penyimpan makanan, lemari es tentu nggak boleh luput dari kebersihan. Kuman bisa tumbuh dari bahan makanan yang ada di dalamnya. Karena itu, cek dan bersihkan lemari es setelah pulang liburan panjang. Sebelum kembali memasukkan bahan makanan ke lemari es yang sudah bersih, pastikan bahan makanan tersebut telah dibersihkan kembali, seperti buah, sayuran, dan daging.

Peralatan Makan dan Memasak

Gambar terkait

Membersihkan alat makan dan masak setelah ditinggal lama. (Everystockphoto)

Mengecek dan membersihkan peralatan masak dan makan sebaiknya juga dilakukan. Selain itu, kamu juga perlu memisahkan peralatan memasak menurut kegunaannya, misalnya talenan yang digunakan untuk memotong daging dan roti harus berbeda. Hal ini berguna untuk menghindari bahaya tertular kuman yang dapat menyebabkan penyakit pencernaan.

Tempat Tidur

Hasil gambar untuk bersihkan tempat tidur

Membersihkan tempat tidur. (afamily)

Yap, tempat tidur penting sekali untuk dibersihkan. Kamu tentu nggak mau kan, tidur di tempat yang kotor? Gantilah sprei beserta sarung bantal dan guling. Kamu juga bisa menjemur kasur, bantal, dan guling sambil ditepuk-tepuk dengan alat khusus di bawah sinar matahari untuk menghilangkan bakteri akibat debu.

Kamar Mandi

Hasil gambar untuk bersihkan kamar mandi

Membersihkan kamar mandi. (Nypost)

Selain kamar tidur, kamar mandi juga harus dibersihkan. Kamar mandi sangat banyak mengandung kuman, terutama WC. Kamu bisa membersihkan lantai kamar mandi dengan alat pembersih khusus  dan yang terpenting adalah menguras bak mandi yang jadi sarang jentik-jentik nyamuk.

Itulah bagian penting di dalam rumah yang harus dibersihkan usai ditinggal liburan dalam waktu lama. Yuk, bersih-bersih! (IB07/E04)