BerandaHits
Senin, 28 Nov 2022 16:00

Seprai Kotor Jadi Sumber Penyakit, Simak Cara Mencucinya

Seprai Kotor Jadi Sumber Penyakit, Simak Cara Mencucinya

Seprai perlu dijaga kebersihannya agar menghindarkan dari penyakit. (Shutterstock/Nito via Kompas)

Seprai yang bersih pasti bikin tidur tambah nyaman. Tapi sebenarnya, mencuci seprai bukan semata-mata untuk faktor kenyamanan. Seprai yang bersih juga bisa menghindarkanmu dari berbagai penyakit.

Inibaru.id – Seprai yang bersih memang bisa bikin tidur nyaman. Selain itu, seprai yang bersih juga menghindarkan tubuh dari penyakit.

Maklum, kita nggak pernah benar-benar tidur “sendirian”. Ada debu, tungau, kutu kasur, bakteri, serta jamur yang mungkin nggak terlihat dengan mata telanjang. Apalagi jika kamu jarang mencuci seprai.

Faktanya, beberapa studi menunjukkan, seprai yang kotor atau kurang sering dicuci dapat dikaitkan dengan berbagai penyakit lo.

Mengutip dari Manchester Evening News sebagaimana yang diwartakan Kompas, Senin (28/11), para pakar di toko kasur Bed Kingdom menemukan bahwa setiap malam, tubuh manusia akan melepaskan cairan, minyak, dan ribuan sel kulit mati. Semuanya merupakan material yang amat disukai tungau. Asal kamu tahu, kotoran hewan ini dapat memicu alergi, asma, rinitis, dan eksim. Duh!

Karena itu, orang-orang yang memiliki penyakit tertentu atau asma sebaiknya mengganti seprai lebih sering.

“Gejala alergi akibat tungau bisa berupa batuk, bersin, ruam kulit, mata gatal, dan hidung meler," kata mereka.

Penampakan tungau. (ideegreen via Cantika)
Penampakan tungau. (ideegreen via Cantika)

Lebih lanjut, dokter kulit di Cleveland Clinic Alok Via menjelaskan bahwa organisme bakteri di tubuh kita sebenarnya lebih banyak ketimbang sel tubuh kita sendiri.

Jadi kalau kita membiarkan sel-sel kulit mati meluruh di permukaan seprai, bakteri itu dapat berkembang biak dan menyebabkan folikulitis atau peradangan pada folikel rambut. Nah, agar seprai nggak menjadi sarana penularan penyakit akibat tungau, para ahli di Bed Kingdom menyarankan agar seprai dicuci setidaknya seminggu sekali.

Merepotkan sih, tapi daripada harus menderita gatal-gatal atau memperburuk asma, nggak ada salahnya kan kalau dilakukan?

Cara mencuci seprai yang baik dan benar

Setelah kamu sadar bahwa kebersihkan seprai juga penting, yuk simak cara mencucinya biar bersih maksimal! Berikut ini beberapa langkah mencuci seprai dikutip Hellosehat (21/7/2021).

- Rendam seprei terlebih dahulu dengan air hangat minimal 60 derajat Celsius selama beberapa jam.

- Pisahkan dari selimut atau sarung bantal yang berbeda warna kemudian masukkan ke dalam mesin cuci dengan detergen secukupnya.

- Selanjutnya, bilas seprai hingga bersih sampai busa hilang.

- Jemur di bawah sinar matahari agar nggak apek sekaligus mencegah jamur maupun bakteri berkembang di serat kain.

- Setelah kering, angkat seprai dan simpan di tempat yang kering dan bersih.

Hm, nggak terlalu sulit kan mencuci seprai? Yuk ah gas cuci sepraimu, Millens. (Siti Zumrokhatun/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved